nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Fakta Menarik Indonesian Idol 2017, yang Terakhir di Luar Dugaan

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Selasa 24 April 2018 14:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 04 24 598 1890836 5-fakta-menarik-indonesian-idol-2017-yang-terakhir-di-luar-dugaan-w6e13JZqF6.jpg Abdul dan Maria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pemenang Indonesian Idol akhirnya ditentukan pada Selasa (24/4/2018) di Ecovention Ancol, Jakarta Utara dengan saksi penonton, juri, bintang tamu dari penyanyi papan atas di industri musik Tanah Air, dan masyarakat Indonesia secara luas.

Maria dinobatkan sebagai pemenang setelah mengalahkan Abdul, finalis asal Denpasar dengan penampilan yang sangat menakjubkan dan membuat para juri juga para penggemarnya merasa puas. Perjalanan Maria dan Abdul sebagai juara dan runner up tidak mudah dan memakan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: BCL Nilai Abdul Seksi Gara-Gara Lagu Won't Go Home Without You

Setelah beberapa bulan digembleng di karantina Indonesian Idol, keduanya mampu membuat publik percaya untuk menjadi pendatang baru berbakat di industri musik Tanah Air ini. Banyak fakta yang menarik untuk dikulik seputar Indonesian Idol yang kembali digelar setelah tiga tahun vakum tersebut.

Berikut lima fakta menarik yang telah dirangkum Okezone pada Selasa (24/4/2018).

1. Diikuti Puluhan Ribu Peserta Audisi

Setelah tiga tahun vakum, Indonesian Idol kembali digelar untuk mencari bakat baru industri musik dari berbagai belahan Indonesia, tepat beberapa bulan sebelum tahun 2017 berakhir. Tak heran animo masyarakat pun tinggi yang dibuktikan dengan keikutsertaan puluhan ribu peserta dalam audisi yang digelar di banyak kota Indonesia.

Panjangnya antrean dan cuaca di masing-masing kota tak membuat peserta menyerah untuk mewujudkan mimpi sebagai penyanyi melalui ajang pencarian bakat yang ada di Indonesia sejak tahun 2004 tersebut.

Peserta Audisi Idol 2017

2. Hadirkan Street dan Car Audition

Lama tak hadir, Indonesian Idol kembali ke permukaan dengan berbagai inovasi dan banyak hal menarik. Salah satunya ditunjukkan dengan adanya Street dan Car Audition. Peserta yang memiliki aplikasi Grab dan datang dengan aplikasi tersebut bisa melakukan audisi di dalam mobil dengan juri yang terpercaya.

Indonesian Idol memang menjalin kerjasama dengan Grab Indonesia untuk memudahkan peserta audisi bertemu para juri sesuai dengan tema kampanye Grab Indonesian Idol, yaitu ‘Face to Face Connection’. Kampanye yang mengusung tagar #GrabTakesYouThere tersebut diharapkan mampu mewujudkan mimpi para peserta untuk menjadi idola baru Tanah Air. Grab membantu menekatkan mimpimu menjadi The Next Indonesian Idol. #DekatdenganGrab #GrabTakesYouThere.

Street Audition dihelat di beberapa kota seperti Bandung, Balikpapan, Banjarmasin, Aceh, Bali, Manado, Pekanbaru, Lampung, dan Pontianak.

Grab Car Idol 2017

3. Kedekatan Juri dan Peserta

Bertujuan untuk menghasilkan idola baru penuh talenta dan terpercaya untuk mewarnai industri musik Indonesia, Indonesian Idol pun memilih setiap aspek secara rinci dan terbaik demi terwujudnya tujuan tersebut. Salah satunya dengan menggandeng para juri dari industri musik terbaik dan penuh warna.

Mereka adalah Armand Maulana, penyanyi solo sekaligus vokalis band ternama. Maia Estianty, produser sekaligus penyanyi juga pencipta lagu yang karyanya telah melambung sejak tahun 2003. Karya Maia selalu hits dan menjadi hal yang ditunggu-tunggu para pecinta musik Indonesia. Selanjutnya adalah Bunga Citra Lestari, meskipun tidak mengawali kariernya sebagai penyanyi namun perkembangannya di industri musik tak perlu diragukan lagi. Ari Lasso juga menjadi juri yang tak bisa dianggap remeh di Indonesian Idol karena pengalaman dan naik turunnya sebagai seorang penyanyi yang tentu saja bisa membimbing dan memberikan beragam komentar untuk para peserta. Sementara itu, Judika menjadi satu-satunya juri yang lahir dari Indonesian Idol sehingga dianggap mampu memberikan perhatian dan penilaian penuh usai mengalami jalan yang sama dengan peserta.

Meskipun menjadi juri dan peserta, namun kedekatan dua pihak ini tak bisa diragukan. Tak heran setiap eliminasi pun menjadi hal yang cukup memilukan tak hanya berlaku untuk peserta namun juga juri yang melihat penampilan mereka di setiap minggunya. Kedekatan tersebut tentunya tak menjadi pengaruh siapa yang bertahan dan siapa yang harus meninggalkan panggung Indonesian Idol setiap pekannya.

Juri Idol 2017

Baca Juga: Merinding, Membawakan Lagu Stand Up For Love, Maria Raih 5 Standing Ovation

4. Pemenang adalah murni Pilihan Indonesia

Keterlibatan juri dan banyaknya crew tak menjadi pengaruh untuk siapapun yang akan menjadi juara. Sebab Indonesian Idol menjadi ajang pencarian bakat yang menyerahkan sosok juara kepada masyarakat secara luas. Hal itu bisa dikatakan bahwa lahirnya Maria sebagai pemenang Indonesian Idol pada Selasa (24/4/2018) merupakan pilihan murni pemirsa.

Peserta yang layak masuk dan menunjukkan kemampuan di panggung Indonesian Idol adalah pilihan juri. Namun bertahan tidaknya peserta setelah melewati babak tertentu merupakan pilihan murni dari pemirsa dan pecinta Indonesian Idol. Nasib dari setiap peserta ditentukan dari voting dukungan yang dikirimkan para masyarakat Indonesia secara online.

Pemenang Indonesian Idol 2017

5. Dimenangkan oleh peserta paling muda

Maria Simorangkir telah dinobatkan sebagai pemenang Indonesian Idol 2018, menyusul Joy Destiny Tobing, mendiang Mike Mohede, Ihsan Tarore, Rini Wulandari, Aris Runtuwene, Igo Pentury, Regina Ivanova, dan Nowela Elizabeth Auparay yang telah meraih predikat juara di musim sebelumnya. Fakta unik terjadi karena ternyata dara asal Medan tersebut merupakan peserta paling muda dengan usia 16 tahun.

Usia muda nyatanya tak membuat nyali Maria menciut bahkan bisa membuktikan kemampuannya di atas panggung dengan berbagai penampilan menakjubkan dan memukau tak hanya di Indonesia namun juga dunia. Kemampuannya bahkan diakui secara langsung oleh Loren Allred usai kemampuan indahnya menyanyikan lagu Never Enough di panggung Indonesian Idol.

Pemenang Indonesian Idol 2017

Bekerja sama dengan Grab Indonesia, Indonesian Idol 2017 memudahkan para peserta audisi untuk bertemu para juri. Hal ini sesuai dengan tema kampanye Grab Indonesian Idol, yaitu ‘Face-to-Face Connection’.

Kampanye yang mengusung tagar #GrabTakesYouThere tersebut diharapkan mampu mewujudkan mimpi para peserta untuk menjadi idola baru Tanah Air. Grab membantu mendekatkan mimpimu menjadi The Next Indonesian Idol. #DekatdenganGrab #GrabTakesYouThere.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini