Share

Didatangi Artis Idola, Kang Dedi Komitmen Sejahterakan Seniman

Mulyana, Okezone · Senin 09 April 2018 22:02 WIB
https: img.okezone.com content 2018 04 09 205 1884326 didatangi-artis-idola-kang-dedi-komitmen-sejahterakan-seniman-iZRKSfXitL.jpg Dedi Mulyadi (Foto: Mulyana)

PURWAKARTA - Kediaman pribadi Cawagub Jawa Barat, Dedi Mulyadi di Kampung Krajan, Desa Sawahkulon, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Purwakarta, kedatangan seorang tamu yang merupakan penyanyi pop legendaris, Senin (9/4/2018).

Adalah Nining Meida, penyanyi Pop Sunda yang lagunya sempat tersohor di tahun 1980-an itu. Kedatangan penyanyi lawas kelahiran 1966 itu tak lain untuk bersilaturahmi sekaligus meminta saran kepada Kang Dedi (sapaan Cawagub).

Dalam hal ini, Nining media, berencana mengaransemen ulang salah satu lagunya yang sempat populer di 1987 silam. Tak heran, sebagai sesama seniman Dedi pun diminta saran terkait rencananya itu.

(Baca Juga: Batal Jadi Saksi, Dhea Annisa Gregetan Selama Menyaksikan Persidangan)

(Baca Juga: Syahrini Kaget Lihat Foto Jadul Raditya Dika)

Sedikit bocoran, untuk lagu yang akan diaransemen ulang oleh Nining ini salah satunya berjudul 'Kalangkan'. Kedepan, lagu ini bergenre energik yang merujuk pada Sound Kondusif Jungkies (SKJ) tanpa mengesampingkan ke khasan Kesundaannya.

"Jadi, lagu lawas 'Kalangkang' ini dari sisi musiknya kami reborn. Kami buat lebih energik tanpa menghilangkan keasliasnnya," ujar Nining kepada Okezone di kediaman Dedi Mulyadi.

Namun, sebelum lagu ini dirilis pihaknya terlebih dahulu meminta pendapat dari beberapa seniman di Jawa Barat, termasuk kepada Kang Dedi. Dia berharap, lagu lawas yang musik yang diaransemen ulang ini bisa diterima oleh masyarakat.

"Kami ingin membuktikan, jika lagu Pop Sunda pun bisa mengikuti perkembangan jaman," jelas dia.

Dalam kesempatan itu, Nining pun sekaligus meminta masukan kepada Cawagub nomor urut 4 itu. Salah satunya, tentang nasib para seniman kedepan. Dia berharap, kebijakan Dedi jika terpilih nanti bisa mengakomodir nasib para seniman.

Di tempat sama, Dedi Mulyadi mengaku sangat mengapresiasi langkah yang dilakukan Nining Meida. Ternyata, kata dia, masih banyak seniman yang berjuang keras supaya musik Sunda bisa tetap bertahan untu mengikuti perkembangan jaman.

"Teh Nining Meida itu idola saya. Saya dengar lagu-lagunya sejak duduk di bangku SMA kelas 1. Saya senang bisa bertemu secara langsung dengan penyanyinya, dan tentunya sangat mendukung dengan langkahnya. Semoga, karya-karyanya bisa terus diterima oleh masyarakat," ujar Dedi.

Partai Perindo Dukung Pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar

Dedi pun sudah menyiapkan langkah-langkah strategis untuk mengakomodir para seniman di Jabar. Salah satunya, memberi ruang dan menyiapkan fasilitas supaya mereka bisa terus berkarya.

Untuk konsepnya sendiri, Dedi sedikit memberi bocoran. Yakni, dengan cara kontrak kerja antara pemerintah provinsi dengan para seniman. Jadi, dalam hal ini pemerintah memang harus hadir untuk mengakomodir kebutuhan mereka (seniman).

Adapun pola yang dimaksud, kata dia, nanti para seniman ini dikontrak oleh pemerintah selama setahun. Setelah terikat kontrak, mereka wajib menghibur warga yang ingin dihibur dengan kesenian mereka.

"Jadi, masyarakat yang akan hajatan dan butuh hiburan, misalnya dari Teh Nining Meida ini, tinggal berkirim surat saja ke pemprov. Karena sudah dikontrak, nanti pemrov akan mengirim Teh Nining ke rumah tersebut untuk menghibur," jelas dia.

Dalam hal ini, masyarakat tinggal menyediakan panggung dan lain-lainnya saja. Dengan begitu, pengeluaran mereka untuk hajatan tidak terlalu membengkak.

Tak hanya, jika sudah terikat kontrak kerja dengan para seniman, untuk kegiatan pesta rakyat yang digelar pemerintah pun tak perlu lagi mencari artis atau seniman dari luar. Tapi, cukup memberdayakan para seniman yang telah dikontrak ini.

"Dari pada pakai IO kan, biayanya lebih mahal. Mending seperti ini, kita kontrak dan mereka siap menghibur jika dibutuhkan. Lebih efektif dan efisien," pungkasnya.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini