Mbah Mijan Kembali Sindir DJ Butterfly soal Transgender di Postingan Terbaru

Hana Futari, Jurnalis · Kamis 29 Maret 2018 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 29 33 1879494 mbah-mijan-kembali-sindir-dj-butterfly-soal-transgender-di-postingan-terbaru-EBNsCHzzmR.JPG

JAKARTA - Beberapa hari lalu DJ Butterfly membuat klarifikasi tentang jenis kelaminnya melalui siaran langsung di instagram pribadinya. Klarifikasi tersebut ia lakukan lantaran akhir-akhir ini namanya disebut sebagai seorang transgender. Mengenai hal itu, mbah Mijan yang sempat mengatakan bahwa DJ Butterfly adalah pria kembali buka suara.

Dalam unggahan terbaru di akun instagram pribadi milik mbah Mijan, ia membagikan foto seorang wanita yang mirip dengan DJ Butterfly. Dalam foto tersebut sang wanita tengah tertawa lebar. Keterangan foto yang ditulis mbah Mijan pun seakan menepis balik klarifikasi DJ Butterfly tiga hari lalu, Senin (26/3/2018).

Awalnya mbah Mijan menerangkan tentang peraturan transgender di negeri gajah putih tersebut. menurutnya, pemerintah Thailand mengakui transgender mulai tahun 2015 dan dua tahun berikutnya dinyatakan bahwa transgender tidak perlu merubah keterangan kelamin di surat-surat identitasnya.

“Pemerintah Thai mengakui transgender mulai tahun 2015, kemudian pada tahun 2017 pemerintah memutuskan transgender tidak perlu mengganti jenis kelamin di tanda pengenalnya,” tulis mbah Mijan memulai caption di instagramnya, Rabu (28/3/2018).

Kemudian peranormal itu pun melanjutkan captionnya mengenai peraturan Thailand yang memberlakukan wajib militer untuk anak laki-laki. Oleh karena itu, para transgender harus mengubah keterangan kelamin di surat identitasnya.

“Negeri ini (Thailand) memberlakukan wajib militer bagi anak cowok, pendaftaran bisa diikuti oleh usia minimal 12 tahun. Artinya, sebelum pengesahan itu diberlakukan, kaum transgender harus mengubah tanda pengenal jika ingin mengubah kelamin,” lanjut mbah Mijan

Ia pun kembali menjelaskan bahwa peraturan tanpa perlu mengubah keterangan jenis kelamin di surat identitas diberlakukan setelah membludaknya peminat operasi kelamin di negara tersebut. Sebelum tahun 2015, jika seseorang ingin mengubah bentuk dan jenis kelamin harus melalui sejumlah peraturan yang ketat.

“Peraturan tanpa perlu mengubah jenis kelamin ditanda pengenal setelah membludaknya peminat operasi kelamin di negeri tersebut, mengubah bentuk dan jenis kelamin sebelum tahun 2015 harus melalui peraturan yang sulit dan super ketat,” tulis kembali mbah mijan.

Mbah Mijan pun menutup captionnya dengan mengatakan menerangkan sejumlah persyaratan yang harus dilalui apabila seorang warga Indonesia melakukan perubahan kalamin. Mengingat di Indonesia sendiri transgender tidak dinyatakan sah. Ia pun mencontohkan hal tersebut terhadap penyanyi dangdut yang dikabarkan merupakan seorang transgender.

“Siapapun yang ingin permak kelamin, wajib mengikuti syarat tertentu, salah satunya pengajuan ke pengadilan. Jika lu cinta gue jadi artis di negeri tetangga, jenis kelamin di pasportnya ya harus cewek, walaupun aslinya cowok,” tutup mbah Mijan.

Seperti diketahui sebelumnya, Mbah mijan sempat memberikan pernyataan yang menurutnya bersumber dari penerawangannya. Ia mengatakan jika Lucinta Luna, DJ Butterfly dan Gebby Vesta merupakan seorang transgender.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini