nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Manga Terlaris, Dragon Ball hingga Slam Dunk

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Rabu 14 Februari 2018 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 14 206 1859738 11-manga-terlaris-dragon-ball-hingga-slam-dunk-w0Wa4zkxbF.jpg Manga Terpopuler (Foto: Youtube)

JAKARTA - Manga telah menjadi lebih global saat ini. Buku komik asal Jepang ini sudah beredar di banyak negara di dunia dan mampu bersaing dengan komik-komik lain yang sudah punya nama.

Dilansir Sindonews, dalam 70 tahun terakhir, ribuan judul manga sudah dirilis. Tapi, hanya sedikit yang bisa disebut terlaris. Di saat manga menjadi lebih global, penjualan pun meroket baik global maupun domestik. Judul ikonik seperti Dragon Ball membantu memulai revolusi pada 1990an dan penerbut seperti Shueisha dan Kodansha membantu memajukan momentum itu.


(Baca Juga: Imbas Fachri Albar, Renata Kusmanto Turut Dipanggil Polisi untuk Tes Urine)

(Baca Juga: Agensi Jelaskan Kondisi Lee Joon Usai Isu Bunuh Diri saat Wamil)

Dikutip dari ComicBook.com, sepanjang sejarah, ada 11 judul manga paling laris di dunia. Dari Naruto sampai Astro Boy, serial ini mewakili hal-hal terbaik dan mereka jelas bernilai untuk diinvestasikan kalau Anda butuh bacaan saat ini.


1. Doraemon

Kita tidak bisa membahas manga populer tanpa membahas Doraemon. Serial ini adalah salah satu yang paling bertahan di Jepang dan robot kucing ini punya banyak sumbangsihnya bagi kesuksesan manga ini.

Serial ini mengisahkan tentang Doraemon, kucing penembus waktu yang dikirim untuk memandu seorang bocah laki-laki bernama Nobita Nobi yang selalu sial. Serial ini mengikuti kisah para protagonisnya dengan Doraemon menggunakan alat-alat dari masa depan untuk membantu menyelesaikan masalah Nobita. Tapi, kadang peralatan itu justru membuat masalahnya jadi lebih parah.

Dibuat pada 1969, Doraemon menjadi salah satu serial paling gampang dikenali dari Jepang. Manga anak-anak ini dibuat Fujiko Fujio yang sepakat mempublikasikannya lewat Shogakukan. Serial ini sudah terjual lebih dari 100.000 unit dengan 45 volume koleksi.


2. Astro Boy

Astro Boy adalah salah satu judul manga pertama yang bisa sukses di luar neger dan tema sci-fi-nya membantu serial ini menerjang batas. Ceritanya sudah beredar selama puluhan tahun tapi fans masih bisa mengaitkan diri mereka pada Astro Boy dan petualangannya.

Pahlawan robot itu dibuat seorang ilmuwan menyusul sebuah kecelakaan tragis, tapi Astro Boy tidak bisa meredam kesedihan penciptanya. Setelah dijual ke sirkus, pahlawan itu diselamatkan seorang pria tua bernam Ochanomizu yang membantu Astro Boy hidup bersama keluarga android.

Serial yang dibuat Osamu Tezuka ini kali pertama terbit pada 1952. Kobunsha menerbitkan kisah ini sampai tamat pada 1968. Dengan 23 volume koleksi, kisah asli Astro Boy terjual lebih dari 100.000 kopi hingga saat ini.

3. Bleach

Kalau Anda suka kisah supernatural, maka, Anda harus membaca manga laris ini. Bleach dianggap sebagai salah satu shonen paling kondang.

Manga ini mengisahkan tentang seorang remaja cowok bernama Ichigo Kurosaki setelah dia emnemukan kekuatna Soul Reaper. Siswa SMA itu adalah anak normal sampai dia bertemu Rukia dari Soul Society. Setelah mendapatkan kekuatannya tanpa disengaja, Ichigo harus melakukan tugas Rukia sampai dia mampu melindungi kota lagi. Tapi semuanya jadi rumit setelah masa lalu misterius Ichigo muncul.

Bleach diciptakan Tite Kubo pada Agustus 2001 dan dipublikasikan Shueisha. Manga ini diserialkan di Weekly Shonen Jump sampai Agustus 2016 begitu mencapai 74 volume komplit. Sampai saat ini, manga ini telah terjual 120 juta unit di seluruh dunia.


4. Slam Dunk

Suka olahraga? Butuh manga panjang untuk dibaca? Nah, pilihlah Slam Dunk. Serial ini dikenal dengan judul olahraganya tapi bahkan fans yang tidak tahu bola basket pun bisa senang manga ini.

Manga ini berkisah tentang Hanamichi Sakuragi, pemimpin geng yang bertemu seorang gadis yang tertarik padanya saat kelas 1 SMA. Begitu dia memperkenalkan Sakuragi ke tim bola basket Shohoku, cowok itu pun bergabung dan berjalar bagaimana persahabatan itu membawa pada teman-teman abadi.

Takehiko Inoue menciptakan Slam Dunk pada 1990 dan serial ini berakhir pada 1996. Judul manga ini diambil Shueisha untuk diterbitkan dan total memiliki 31 volume sampai saat ini. Slam Dunk telah terjual 121 juta eksemplar.

5. Oishinbo

Pernah dengar Oishinbo? Kalau belum, tak perlu khawatir. Judul ini memang tidak terlalu populer di luar negeri, tapi Jepang sudah menyukai serial tentang makanan ini selama bertahun-tahun.

Manga ini mengisahkan tentang seorang pria bernama Shiro Yamaoka yang bekerja sebagai wartawan kuliner. Dia bekerja bersama seorang wanita yang kemudian menjadi istrinya untuk membuat Ultimate Menu untuk Tozai News. Serial ini menghabiskan banyak waktu menyoroti berbagai macam makanan.

Serial ini mungkin bukan serial penuh aksi, tapi punya fanbase loyal. Manga ini dibuat pada 1983 dan masih berlanut. Pembuatnya, Tetsu Kariya dan Akira Hanasaki, adalah yang bertanggung jawab atas terjualnya 130 juta unit manga ini hingga sekarang.

6. KochiKame

Jika Anda tertarik pada serial penggalan hidup, maka KochiKame mungkin bakal menarik Anda. Serial ini besar dan mengisahkan tentang kehidupan sehari-hari seorang polisi bernama Kankichi ‘Ryo’ Ryotsu. Serial episodik ini sering mengisahkan tentang polisi yang kadang muncul dengan skema menghasilkan uang tapi rencananya tidak pernah berhasil. Ryo sering kali terbentur komedi slapstick saat dia mencari uang dengan cara cepat dan karakter lain manga ini membantunya saat rencananya mulai terlihat gagal.

Dibuat pada 1976, KochiKame bukanlah manga yang sangat terkenal di luar Jepang, tapi cukup lama beredar di luar negeri. Pembuatnya, Osamu Akimoto, membuat serial ini selama puluhan tahun sebelum selesai pada 2016. Manga ini memiliki 200 volume sebelum selesai dan terjual sekitar 157 juta kopi sampai sekarang.

7. Golgo 13

Tidak ada yang lebih baik ketimbang sebuah thriller yang bagus dan Golgo 13 membuktikan itu dengan manga. Serial ini mengisahkan tentang seorang pembunuh bernama Duke Togo dan sejarahnya yang berdarah sudah berjalan hingga ratusan volume. Tentara bayaran misterius ini menyimpan semua informasi pribadinya rapat-rapat, tapi fans suka dengan caranya membunuh. Manga episodik ini mengisahkan tentang Duke yang pergi menjalani misi di seluruh dunia dan menyingkirkan pada penjahat.

Serial ini dibuat Takao Saito pada 1968. Sejauh ini, manga itu sudah memiliki 186 volume tapi akan muncul lagi karena serial ini masih berjalan. Penerbitnya, Shogakukan, mengatakan, Golgo 13 telah terjual lebih dari 200 juta unit hingga kini.

8. Detective Conan

Siapa yang butuh Sherlock Holmes ketika ada orang seperti Detective Conan? Detektif mungil ini mungkin tidak terlihat tangguh, tapi caranya menyelesaikan kasus bisa membuat takut para penjahat.

Manga ini mengisahkan tentang siswa SMA bernama Shinichi Kudo yang berubah jadi anak-anak setelah menelan pil dari Organisasi Hitam. Dengan berubah sebagai Conan, dia pun kembali menjadi detektif bersama teman-teman SD-nya.

Dibuat Gosho Aoyama, Detective Conan sudah beredar sejak 1994. Serial ini masih berjalan dengan lebih dari 90 volume. Serial ini sudah terjual lebih dari 200 juta kopi.

9. Naruto

Manga favorit fan ini membantu masuknya era baru shonen pada awal 2000an berkat Naruto Umazaki. Serial ini mengisahkan tentang Naruto yang bermimpi menjadi ninja terkuat di desanya, Konoha. Naruto harus membuktikan pada rakyatnya dan dunia bahwa dia bisa memimpin mereka dan dia menghadapi banyak rintangan untuk menjadi Hokage.

Masashi Kishimoto membuat Naruto pada 1999 dan manga ini berakhir pada 2014. Dengan 72 volume, Shueisha telah menjual 220 juta kopi manga ini sampai sekarang.

10. Dragon Ball

Manga ikonik ini debut lebih dari 20 tahun silam, tapi masih masuk rangking sebagai manga paling populer. Serial ini mengisahkan tentang Son Goku sebagai pahlawan yang berlatih untuk menjadi petarung yang kuat. Goku mulai melawan penjahat seperti Red Ribbon Army (Pasukan Pita Merah). Tapi, saat dia dewasa, dia tahu bahwa dirinya adalah seorang prajurit Saiyan dari luar angkasa. Penemuan itu membuka dunia baru kekuatna bagi Goku dan dia pun bertarung menghadapi penjahat yang lebih kuat seperti Freeza.

Manga kondang ini diperkenalkan ke dunia pada 1984 oleh Akira Toriyama. Dragon Ball tamat pada 1995 setelah 42 volume. Serial aslinya sudah terjual lebih dari 240 juta kopi sampai sekarang.

11. One Piece

Kalau hanya ada satu manga terlaris, maka titel itu akan jatuh pada One Piece tanpa perlawanan. Serial ikonik ini telah mengalahkan semua kompetitornya dengan gampang dan One Piece tidak berencana untuk memperlambat penjualannya.

Serial ini mengisahkan tentang Monkey D Luffy, pelaut muda yang berniat menjadi Raja Bajak Laut. Setelah mengumpulkan kru, Luffy mengarungi perjalanan untuk menemukan harta karun bernama One Piece, tapi gengnya bukan satu-satunya kelompok yang memperebutkan harta itu.

Manga itu dibuat pada 1997 oleh Eiichiro Oda. Serial yang dipublikasikan Shueisha itu masih berjalan dengan 87 volume. Sejauh ini, One Piece sudah memimpin jauh di atas para kompetitornya dengan terjual sekitar 430 juta unit di seluruh dunia.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini