nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sukses di Festival Internasional, Film Hoax Akhirnya Tayang Komersil

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Rabu 31 Januari 2018 01:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 01 30 206 1852410 sukses-di-festival-internasional-film-hoax-akhirnya-tayang-komersil-c18t65I7LT.jpg Tora Sudiro dan Vino G Bastian (Foto: Rima/Okezone)

JAKARTA – Film festival Rumah dan Musim Hujan garapan sutradara Ifa Isfansyah siap disiarkan ke bioskop-bioskop Indonesia. Namun, terjadi perubahan judul film untuk bisa membawa tayangan ini dalam bentuk komersil menjadi berjudul Hoax.

Sebelumnya, film yang dibintangi oleh Tora Sudiro, Vino G. Bastian dan Tara Basro ini telah tayang di sejumlah festival film seperti di Yogyakarta, Rotterdam dan Singapura sebelumnya. Film ini diproduksi sejak 2012 silam dan langsung di bawa di festival hingga akhirnya bisa tayang komersil.

“Akhirnya kita nonton juga nih, ini film dari lima tahun yang lalu. Katanya mau tayang, enggak jadi, tayang enggak jadi, akhirnya tayang juga,” ujar Tora di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

(Baca Juga: Polisikan Nikita Mirzani, Ini 4 Poin yang Dipermasalahkan Farhat Abbas)

(Baca Juga: Duta Bocorkan Resep Rahasia Sheila on 7 Bisa Survive)

Penantian lima tahun tersebut dirasa tepat untuk ditayangkan pada 2018. Namun, mengingat adanya berbagai aturan sensor untuk bisa tayang secara komersil membuat terjadi pemotongan beberapa adegan.

“Menurut produser, 2018 saat yang tepat mungkin karena banyak berita bohong (alias) hoax. Semua ini kan udah dipikirkan ada baik dan buruknya. Ketika film ini dilempar secara komersil, ada yang harus diikutin, misalnya sensor,” ujar Vino .

Menurut Vino, pengeditan dalam film yang ditayangkan secara komersil akan menyerahkan kesimpulan kepada penonton mengingat adanya berbagai opini. Bagi yang sudah menyaksikan versi penuh yaitu Rumah dan Musim Hujan akan menyadari bagian mana yang terpotong hingga menjadi Hoax: Siapa yang Bohong.

“Sebenenya karena saya tahu filmnya secara utuh jadi sebenarnya itu open aja sih. Tergantung persepsi masing masing. Di persepsi masing masing, siapa yang bohong. Itu semua dibalikin ke penonton,” jelas Vino.

Film Hoax terbagi atas tiga genre yakni thriler, drama dan komedi yang diwakili oleh masing-masing pemeran. Diantaranya yaitu Tora Sudiro (Ragil) drama, Vino G. Bastian (Raga) komedi dan Tara Basro (Ade) thriler. Di samping itu, rencananya film ini akan tayang di bioskop-bioskop Indonesia mulai 1 Febuari 2018.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini