Share

5 Fakta The Cranberries, Band Mendiang Dolores O'Riordan

Lidya Hidayati, Jurnalis · Selasa 16 Januari 2018 14:10 WIB
https: img.okezone.com content 2018 01 16 33 1845692 5-fakta-the-cranberries-band-mendiang-dolores-o-riordan-8SPRujVErZ.jpg Dolores O'Riordan (Foto: Irish News)

LONDON – Generasi 90an pasti tak asing dengan The Cranberries asal Limerick, Irlandia. Band beraliran pop alternative menjadi salah satu grup musik paling digilai di eranya dengan lagu-lagu hits seperti Zombie atau Dreams.

Hari ini, Selasa (16/1/2018), The Cranberries kembali menjadi headline dunia. Sayangnya kali ini bukan karena karya mereka, melainkan karena kematian vokalis mereka, Dolores O’Riordan.

Kabar meninggalnya O’Riordan mengejutkan berbagai pihak. Generasi lawas dibuat bersedih karena tak akan lagi bisa mendengar suara khas penyanyi wanita kelahiran Limerick itu. Sementara generasi masa kini mulai mencari tahu tentang siapa O’Riordan dan apa karyanya bersama The Cranberries.

Dalam rangka mengenang O’Riordan dan band yang membesarkan namanya, berikut adalah 5 fakta tentang The Cranberries:

1. Awalnya Bernama The Cranberry Saw Us

The Cranberries bukanlah nama asli dari band ini. Saat pertama kali dibentuk pada 1989, band ini bernama The Cranberry Saw Us. Awalnya, band ini didukung oleh Mike Hogan (bass), Noel Hogan (gitar), Fergal Lawler (drum), dan Niall Quinn (vokal). Tak sampai setahun, Niall Quinn hengkang, yang membuat The Cranberries Saw Us harus mencari vokalis baru.

Setelah mengadakan audisi, The Cranberry Saw Us menemukan Dolores O’Riordan. Dengan vokalis baru, mereka mengganti nama menjadi The Cranberries. Band pop alternative ini langsung mencuri perhatian saat merilis album pertama mereka, “Everbody Else is Doing It, So Why Can’t We?”.

2. Band Terbesar Irlandia, Setelah U2

Kesuksesan album pertama The Cranberries yang dirilis resmi pada 1993 membawa band ini ke puncak popularitas. Hasilnya, The Cranberries sempat dijuluki sebagai band terbesar Irlandia, setelah U2.

Setelah 1993, popularitas The Cranberries memang hampir tak terbendung. Tak hanya terkenal di Britania Raya, band beranggotakan empat personel tersebut juga sukses di Amerika. Salah satu buktinya adalah bercokolnya Linger dari album “Everbody Else is Doing It, So Why Can’t We?” di peringkat 8 Billboard Hot 100 kala itu. Album “No Need to Argue” debut di peringkat 6 tangga lagu Amerika. Album ini mendapat 5 kali platinum di Canda, Swiss, dan 7 kali platinum di Negeri Paman Sam.

3. Ditinggal 2 Personel

Seperti sudah disebutkan di awal, The Cranberries ditinggal Niall Quinn di awal karier mereka ketika masih bernama The Cranberry Saw Us. Tak ada yang tahu kenapa Quinn hengkang di awal karier The Cranberry Saw Us.