nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Raup Rp14,6 Triliun, The Last Jedi Masuk Top 20 Film Berpenghasilan Tertinggi Sepanjang Masa

Lidya Hidayati, Jurnalis · Kamis 04 Januari 2018 12:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 01 04 206 1839880 raup-rp14-6-triliun-the-last-jedi-masuk-top-20-film-berpenghasilan-tertinggi-sepanjang-masa-Fi98s3G2ZG.jpg Star Wars: The Last Jedi (Foto: Ist)

LOS ANGELES – Star Wars: The Last Jedi terus mencatatkan rekor pribadi lewat dominasinya di box office global. Yang terbaru, film terakhir mendiang Carrie Fisher ini sukses masuk daftar 20 besar film dengan penghasilan tertinggi sepanjang masa.

Star Wars: The Last Jedi berada di peringkat 19 film berpenghasilan tertinggi sepanjang masa setelah  meraup pendapatan USD1,09 miliar atau sekira Rp14,6 triliun. Angka tersebut merupakan akumulasi dari penghasilan internasional yang tembus USD551,4 juta dan lokal USD539,4 juta.

Baca Juga: 10 Hari Tayang, Star Wars: The Last Jedi Sudah Raup USD745 Juta

Dari segi pendapatan lokal, Star Wars: The Last Jedi mengalahkan penghasilan Rogue One: A Star Wars Story dan The Dark Knight Rises dengan duduk di peringkat 6. Sementara secara global, seri ke-8 Star Wars ini menggeser Toy Story 3 dan The Dark Knight Rises untuk mengklaim peringkat 19.

Di sisi lain, catatan impresif The Last Jedi ini mengantarkan Star Wars sebagai film franchise kedua dengan penghasilan tertinggi, mengalahkan seri Harry Potter. Per 2 Januari 2018, seluruh franchise Star Wars tercatat telah mengumpulkan USD8,55 miliar, sementara semua film Harry Potter, termasuk Fantastic Beasts & Where to Find Them, “hanya” memperoleh total USD8,53 miliar.

Dengan Star Wars yang masih memiliki satu episode tersisa dan banyak spin-off lain seperti Solo: A Star Wars Story dan trilogi garapan Rian Johnson, dunia Harry Potter diyakini akan susah untuk menyusul raihan franchise ini. Pasalnya, selain seri Fantastic Beasts, dunia ciptaan JK Rowling itu tak memiliki sumber penghasilan lain dari box office.

Baca Juga: Mark Hamill Menyesal Pernah Kecewa pada Luke Skywalker di The Last Jedi

Sementara untuk posisi pertama franchise berpenghasilan terbesar berada di tangan MCU. Catatan terakhi menunjukkan MCU sudah mengoleksi USD13,5 juta dari pemutaran semua filmnya di seluruh dunia, termasuk Thor: Ragnarok yang terakhir dirilis.

Angka tersebut masih akan bertambah mengingat tiga film MCU akan tayang tahun ini. Pada Februari mendatang, MCU akan merilis Black Panther, sementara Mei dan Juli akan menjadi bulan pemutaran Avengers: Infinity War dan Ant-Man and the Wasp. Demikian dilansir ComicBook dan Deadline, Kamis (4/1/2018).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini