OKEZONE STORY: Musim Nikah Selebriti, Mulai dari yang Sederhana hingga Pernikahan Abad Ini

Lidya Hidayati, Jurnalis · Minggu 01 Oktober 2017 18:15 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 01 33 1786670 okezone-story-musim-nikah-selebriti-mulai-dari-yang-sederhana-hingga-pernikahan-abad-ini-Mxq8H5BzkL.jpg Pernikahan Raisa dan Hamish (Foto: Lidya/Okezone)

JAKARTA – Selama September ini, begitu banyak selebriti Indonesia yang naik pelaminan. Sebut saja Raisa dan Hamish Daud, Laudya Cynthia Bella, Husein Alatas, hingga Vicky Shu. Tak salah kiranya jika menyebut bulan-bulan ini sebagai musim nikahnya selebriti.

Namanya pernikahan, pasangan pengantin pasti ingin hari besarnya itu dihelat sespesial mungkin sehingga tak mudah dilupakan. Begitu juga dengan para selebriti yang menikah dengan berbagai macam konsep, mulai dari indoor hingga outrdoor, serta adat sampai western.

Baca Juga: Lancar dan Intim, Melly Goeslaw Gambarkan Suasana Pernikahan Laudya Cynthia Bella

Husein Alatas adalah contoh selebriti yang menggelar pernikahannya dengan sangat sederhana. Saat meminang sang istri, Anissa Nabilah pada 23 September 2017, Husein menjalani prosesi pernikahan yang sederhana.

Prosesi ijab kabul dilakukan di Masjid Al Irsyad, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Pasangan penyanyi ini sepakat menggelar pernikahan sederhana karena ingin mencari kekhidmatan selama prosesi, bukan kemewahannya.

“Memang keinginan kita berdua menikah di Masjid. Bukan kemewahan yang aku pengen, tapi kekhidmatan yang aku pengen," ungkap Anissa sesaat setelah resmi menjadi istri Husein.

"Memang kami sepakat berdua, akad nikah sekalian resepsi yang sederhana. Karena kita lebih ingin ke esensi daripada acara ini," tambah Husein.

Baca Juga: Usung Konsep Internasional, Raisa dan Hamish Daud Siapkan Kejutan di Resepsi Pernikahan

Konsep pernikahan sederhana juga diusung Vicky Shu. Yang membedakan, Vicky menikah dengan mengusung konsep outdoor. Pelantun Mari Bercinta 2 tersebut menikah dengan suaminya, Ade Imam di Candi Borobudur pada 23 September.

Menikah di salah satu tempat bersejarah yang dulu masuk daftar tujuh keajaiban dunia, Vicky dan Ade menggunakan adat Jawa. Sekilas, tak ada yang berbeda dari pesta pernikahan dengan adat Jawa lainnya. Hanya saja tempat pesta yang diselenggarakan di Candi Borobudur lah yang membuat pernikahan Vicky dan Ade ini menjadi tidak biasa.

“Kita kental (adat Jawa) aja sih. Mungkin unik karena lokasinya pun unik. Kedua, dari dulu kan aku memang penginnya adat Jawa. Siapa pun suaminya, yang penting adat Jawa dengan menggunakan Solo Putri. Dilalahnya dapatnya dapat orang Solo. Mungkin ini bagian dari doa,” tutur Vicky dengan wajah berseri setelah resmi menjadi nyonya Ade.

Baca Juga: Menikah di Candi Borobudur, Vicky Shu Habiskan Miliaran Rupiah?

Konsep pernikahan campuran datang dari pasangan fenomenal tahun ini, Raisa dan Hamish Daud. Pernikahan selebriti Indonesia yang paling menarik perhatian di 2017 itu digelar dengan konsep adat dan internasional.

Prosesi akad nikah yang diselenggarakan pada 3 September pagi digelar dengan menggunaan adat Sunda. Selama akad, sederet adat dilalui oleh Raisa dan Hamish seperti Pabetot Bakakak hingga Pecah Kendi dengan balutan pakaian adat berwarna putih.

Setelah melakukan prosesi adat Sunda saat akad, pesta resepsi ganti mengusung konsep internasional. Dekorasi bertema rustic yakni bernuansa warna hijau, putih, dan pastel. Konsep tersebut lepas dari adat, Raisa mengenakan gaun rancangan ELIE SAAB.

"Dekorasi tetap rustic cuma nanti malam mereka berdua enggak akan kebaya jadi pakai dress internasional gitu," ujar Ayunda Wardhani, Editor in Chief Bridestory selaku wedding organizer.

Jika akad tadi dilakukan di luar ruangan, sementara resepsi di dalam ruangan. "Iya (Raisa yang minta) senangnya natural jadi maunya santai (dan) simple. Jadi enggak semuanya dalam ruangan. Akad di outdoor, malam di ballroom (hotel)," tambahnya.

Satu pernikahan selebriti Indonesia lain yang tak boleh ketinggalan dibahas adalah pernikahan Laudya Cynthia Bella. Setelah sempat gagal naik pelaminan dengan Afif Kalla, Bella akhirnya menikah dengan pengusaha Malaysia, Engku Emran dengan maskawin 300 Ringgit.

Bella dan Emran menikah di Kuala Lumpur pada 8 September. Menikah di Negeri Jiran, konsep yang dipakai pun adalah adat Malaysia. Pernikahan digelar secara tertutup di Kuala Lumpur City Centre.

"Ya Alhamdulillah pernikahannya lancar, sangat sederhana karena memang mungkin dari kedua belah pihak meinginkan acaranya intim, terus semua dilakukan yang intinya saja gitu. Yang intinya adalah akad itu ijab kabul, berjanji kepada Allah sah secara agama, sah secara negara, negara ada dua ya, Malaysia dan Indonesia. Itu intinya gitu," ujar Melly yang hadir langsung ke pernikahan Bella.

Di sisi lain, musim nikah juga terjadi di luar negeri, terutama Korea Selatan. Beberapa selebriti Korea menikah di akhir September lalu dan Oktober nanti. Kim Ki Bang dan Lee Si Young menjadi dua selebriti yang menggelar pernikahan mereka di akhir September, sementara akhir Oktober nanti ada Song Joong Ki dan Song Hye Kyo yang naik pelaminan.

Jika pernikahan Raisa dan Hamish adalah yang paling fenomenal dan dinobatkan sebagai Hari Patah Hati Nasional, maka pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo akan menjadi Hari Patah Hati Internasional. Pernikahan SongSong couple ini sudah dinanti-nanti oleh fans mereka di seluruh dunia.

Pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo akan digelar pada 31 Oktober 2017. Pasangan yang terlibat cinta lokasi di Descendants of the Sun itu akan menghelat pesta pernikahan mereka di Hotel Shilla, tempat yang memang kerap dipilih selebriti Korea untuk menikah.

Bagaimana konsep pernikahan Song Joong Ki dan Song Hye Kyo? Tak ada yang tahu. Tidak ada informasi sedikit pun tentang bagaimana Joong Ki dan Hye Kyo akan melangsungkan pernikahan mereka dan konsep apa yang akan dipakai.

Baca Juga: Memilih Merayakan Acara Pernikahan Sederhana, Husein Alatas: Memang Keinginan Kita Berdua!

Jika menengok pernikahan-pernikahan selebriti Korea umumnya, Joong Ki dan Hye Kyo mungkin akan mengusung konsep internasional. Hye Kyo akan mengenakan gaun pengantin putih, sementara Joong Ki tampil gagah dalam balutan setelan jas hitam.

Namun, bisa juga mereka memakai konsep tradisional dimana Joong Ki dan Hye Kyo akan mengenakan baju tradisional pengantin Korea, yakni gwanbok dan jeogori. Mengingat kecintaan Hye Kyo kepada negaranya, bukan tak mungkin ia akan memilih konsep tradisional.

Selain itu, mengingat nama besar mereka, pernikahan ini dipastikan akan bertabur bintang Korea. Teman-teman Joong Ki dan Hye Kyo merupakan artis-artis papan atas Korea. Song Joong Ki misalnya punya teman-teman dari Running Man, Park Bo Young, Jo In Sung dan gang aktor tampannya. Daftar teman Hye Kyo pun tak kalah mentereng. Sebut saja Song Seung Heon dan Won Bin yang menjadi lawan mainnya di Endless Love, Yoo Ah In yang merupakan sahabat dekatnya, belum lagi desainer dan nama-nama beken internasional yang dikenalnya.

Tapi, bisa juga Joong Ki dan Hye Kyo memilih pernikahan tertutup seperti Rain dan Kim Tae Hee mengingat sifat keduanya yang tak suka mengumbar kehidupan cinta serta kemesraan mereka. Jika ini yang dipilih, maka dipastikan jika hanya keluarga dan teman terdekat kedua pasangan saja yang akan dapat menyaksikan bagaimana jalannya pernikahan akbar tersebut.

Konsep pernikahan apa pun yang dipilih, tradisional atau internasional, indoor maupun outdoor, bukan lah sebuah masalah. Yang penting adalah bagaimana pasangan yang telah mengikat janji suci pernikahan di hadapan penghulu serta saksi itu menjaga janji suci pernikahan mereka untuk selalu hidup bersama hingga maut memisahkan. Selamat menempuh hidup baru untuk semua pasangan selebriti yang telah dan akan menikah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini