Divonis 6 Bulan Rehab, Mampukah Iwa K Sembuh dari Kecanduan Narkoba?

Sumarni, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 28 33 1784567 divonis-6-bulan-rehab-mampukah-iwa-k-sembuh-dari-kecanduan-narkoba-EG4JY20TG6.jpg Iwa K saat Mengikuti Sidang (foto: Sumarni/Okezone)

TANGERANG - Musisi Iwa Kusuma alias Iwa K dijatuhi hukuman 6 bulan penjara oleh Majelis Hakim dengan ketentuan menjalani rehabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur. Sidang putusan tersebut dibacakan pada 27 September kemarin di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten.

Jika demikian, apakah cukup dengan kurun waktu relatif singkat, Iwa berhasil terlepas dari kecanduan narkotika? Apakah ia akan sepenuhnya sembuh? Melalui kuasa hukumnya, Chris Sam Siwu, Iwa akhirnya buka suara.

(Baca Juga: Mau ke Bandung Selama 3 Hari, Laudya Cynthia Bella Persiapkan Resepsi Pernikahan di Indonesia?)

"Itu pihak RSKO yang menjawab. Yang pasti 6 bulan itu sudah cukup Iwa dianggap sembuh jadi bukan kurang. Tapi sudah dianggap sembuh. Bagaimana teknisnya itu RSKO yang tahu," ujar Chris saat dijumpai usai persidangan.

Pihak pelantun ini juga berharap dengan sisa waktu satu bulan rehabilitasi bisa cukup membuat sang rapper terbebas dari ketergantungan onat-obatan terlarang. Sekadar mengingatkan, Iwa dipindahkan ke RSKO sejak 5 Mei 2017.

(Baca Juga: Sarwendah Kini Jualan Jus Sehat Setelah Mundur dari Usaha Kue Kekinian)

"Pokoknya itu RSKO yah yang menjawab. Jadi buat kami Iwa rehab enam bulan pertimbangan dari hakim. Berharap sembuh biar sebulan bisa berkarya lagi," sambung Chris.

Vonis hukuman enam bulan penjara dari Majelis Hakim sendiri lebih ringan ketimbang tuntutan jaksa penuntut umum (JPU). Sebelumnya JPU menuntut Iwa menjalani hukuman selama delapan bulan penjara.

(Baca Juga: Dikabarkan Sudah Menikah dan Hamil, Begini Penuturan Petugas KUA Tempat Tinggal Andi Soraya)

Namun pihak dari bapak dua orang anak ini terus mengupayakan keringanan hukuman dengan mengajukan klemensi kepada Majelis Hakim. Beruntung klemensi tersebut akhirnya dikabulkan.

Sebagaimana diketahui, Iwa sendiri tertangkap aparat kepolisian pada 29 April 2017 saat hendak terbang menuju Makassar, Sulawesi Selatan. Ia diamankan di Terminal 1A Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pukul 04.00 WIB.

Barang bukti berupa tiga linting ganja yang diselipkan ke dalam rokok kemasan kretek ditemukan di kantong celana sang rapper. Diketahui berat netto-nya sebesar 1,4850 gram. Atas perkara ini, Iwa dikenai Pasal 127 Ayat (1) huruf a UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika.

(Baca Juga: Mau Lamaran, Selvi Kitty Ungkap Sosok Calon Suami)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini