Sidang Kembali Digelar, Iwa K Siap Dengarkan Tuntutan dari JPU

Sumarni, Jurnalis · Rabu 20 September 2017 08:48 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 20 33 1779409 sidang-kembali-digelar-iwa-k-siap-dengarkan-tuntutan-dari-jpu-UKqykuhSHo.jpg Iwa K (Foto: Chyntia Sami/Okezone)

TANGERANG - Sidang lanjutan musisi Iwa Kusuma alias Iwa K dijadwalkan dihelat di Pengadilan Negeri Tangerang, Banten pada Rabu (20/9/2017) sekira pukul 13.00 WIB. Kali ini, pelantun Bebas tersebut akan mendengarkan pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum (JPU).

(Baca Juga: Di Balik Kecantikan sebagai Koki, Chef Marinka Ternyata Hobi Olahraga Ekstrem)

(Baca Juga: Aww, Laudya Cynthia Bella Peluk Mesra Suami Usai Olahraga Malam)

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Chris Sam Siwu selaku kuasa hukum Iwa kepada Okezone melalui pesan singkat.

"Hari ini agenda tuntutan dari JPU. Sidang nanti habis Dzuhur," ujar Chris Sam Siwu.

Sekadar mengingatkan, sidang perdana Iwa sendiri digelar pada 6 September lalu dengan pembacaan dakwaan dari JPU. Ia dikenai dua pasal sekaligus yakni, Pasal 127 ayat (1) huruf a dan Pasal 111 ayat (1) UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Di hari yang sama, JPU juga menyiapkan keterangan saksi dari pihak penyidik yang terlibat dalam penangkapan Iwa. Selanjutnya pada 13 September 2017, giliran saksi dari pihak Aviation Security Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta yang dihadirkan untuk dimintai keterangan.

(Baca Juga: Gugat Cerai Zack Lee, Nafa Urbach: Please, Forgive Me)

(Baca Juga: Hari Ini, Putusan Sela Axel Matthew Thomas Dibacakan)

Iwa sempat tak kuasa menahan tangis saat menjalani sidang kedua. Ia mengaku sangat menyesal dan memohon ampunan dari Majelis Hakim atas penyalahgunaan ganja.

Sang rapper sendiri memang tertangkap tangan di Terminal 1A Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta pukul 04.00 WIB saat hendak terbang menuju Makassar, Sulawesi Selatan pada 29 April 2017. Barang bukti berupa tiga linting ganja yang dimasukkan ke dalam rokok kemasan kretek ditemukan di kantong celana bagian depan Iwa.

Pihak Mapolresta Bandar Udara Soekarno Hatta (Soetta) menyebutkan berat netto ganja yang dibawa Iwa sebesar 1,4850 gram. Sempat ditahan selama sepekan di Mapolresta Bandara Soeta, Iwa akhirnya dipindahkan guna menjalani proses rehabilitasi berdasarkan hasil assessment.

Iwa berada di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur sejak 5 Mei 2017. Kendati demikian, proses hukum Iwa akan terus bergulir di meja pengadilan.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini