OKEZONE WEEK-END: Ketulusan, Makna Idul Adha bagi Ustadz Zacky Mirza

Lidya Hidayati, Jurnalis · Sabtu 02 September 2017 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 02 33 1767843 okezone-week-end-ketulusan-makna-idul-adha-bagi-ustadz-zacky-mirza-jWHBsSOkzM.jpg Ustadz Zacky Mirza (Foto: Instagram)

JAKARTA – Ribuan masyarakat Indonesia mendapat kesempatan untuk melakukan ibadah haji tahun ini sekaligus merayakan Idul Adha di Tanah Suci. Beberapa dari ribuan jemaah Haji asal Indonesia itu adalah artis-artis papan atas.

Oki Setyana Dewi, Ikke Nurjanah, Armand Maulana, Dewi Gita, serta para personel band Wali dan istri mereka diketahui menjalankan ibadah Haji tahun ini dan sekarang sedang berada di Tanah Suci. Mereka termasuk golongan orang-orang yang beruntung karena bisa datang ke Rumah Allah di Makkah.

(Baca Juga: Astaga, Ustadz Zacky Mirza Alami Kecelakaan)

(Baca Juga: Impian Ustadz Zacky Mirza Bertemu Imam Masjidil Haram Terwujud)

Menurut Ustadz Zacky Mirza, Armand Maulana cs bersama dengan ribuan jamaah lainnya termasuk orang-orang yang beruntung karena bisa berhaji sekaligus berkurban di Tanah Suci. Tak semua orang bisa mendapat kesempatan itu.

“Inti haji itu adalah wukuf Arafah. Kalau belum wukuf di Arafah, belum haji. Beruntunglah mereka yang bisa wukuf dan berkurban di sana. Di sana ada pasar (hewan) kurban,” ujar Ustadz Zacky Mirza seperti dalam tayangan Seleb On News.

Ustadz Zacky menjelaskan, perjalanan haji merupakan latihan dalam segala hal, tak hanya fisik tapi juga batin. Cuaca di Tanah Suci dan padatnya jadwal rangkaian haji cukup membuat jamaah kelelahan secara fisik. Belum lagi kondisi batin setiap orang. Tapi semua itu akan berbuah manis pada akhirnya.

“Semakin berat tantangan, semakin besar pahala. Di Saudi kan kalau panas, panas banget. Kalau dingin, dingin banget. Itu sekarang. Coba kalau dulu, bagaimana malah? Pas zaman Nabi. Nabi Muhammad harus berdakwah naik unta berpanas-panasan. Orang yang berangkat ke Tanah Suci itu berarti berlatih kembali ke Allah,” papar Ustadz Zacky.

Kepada jamaah yang kini telah resmi menjadi haji usai melaksanakan wukuf di Padang Arafah semalam, Ustadz Zacky memiliki pesan sendiri. Untuk selebriti yang sudah menyandang status haji terutama, Ustadz Zacky berharap mereka bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan popularitas mereka.

“Buat sahabat artis yang sedang haji, mudah-mudahan jadi haji mabrur. Kebaikan, ketulusan, semakin diberi titipan popularitas, ketenaran. Semua itu dipakai untuk kebaikan, bukan hanya untuk memperkaya diri,” tukasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini