nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Konsisten dengan Ska, Tipe-X Ogah Ubah Style Band

Sumarni, Jurnalis · Senin 28 Agustus 2017 05:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 27 205 1764104 konsisten-dengan-ska-tipe-x-ogah-ubah-style-band-syyPoKYaNj.jpg Type X (Foto: Instagram)

JAKARTA - Sikap konsisten ditunjukkan oleh grup musik Tipe-X. Band dengan enam anggota temasuk Tresno (vokal), Micky (bass), Yoss (gitar) Arie (drum), Billy (gitar) dan Anto (trombone) tak berencana mengenalkan genre baru dalam karya mereka.

Aliran ska bakal terus menjadi identitas Tipe-X hingga saat ini. Bisa dikatakan Tresno cs itu sebagai pelopor gabungan unsur musik mento dan kalipso dengan jazz, rhytm dan blues di Indonesia sejak era 1990-an.

- Baca Juga: Tipe-X Bicara Soal Kemungkinan Sekuel Ketika Pecundang Jadi Pemenang

- Baca Juga: Garap Album ke-8, Tipe-X Ungkap "Kegelisahan karena Pacar Selingkuh"

Tetap produktif menelorkan lagu-lagu baru dengan genre ska dalam kurun beberapa tahun terakhir membuktikan Tipe-X adalah grup yang sangat konsisten di belantika musik Tanah Air.

"(Genre) masih sama. Kita sampai kapan pun mudah-mudahan di genre ini," kata Tresno saat dijumpai di Komplek MNC Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Tresno pun mengungkap grup yang digawanginya sejak 1995 itu tak berencana melepas imej dalam segi apa pun termasuk style berbusana maupun bermusik. Mereka tak ingin menciptakan gaya baru sehingga melepas identitas lama.

"Engga ada sih. Pengakuan masyarakat ke kita kan penghargaan engga ternilai yah. Orang udah tau Anto tuh gini. Kalau kita rubah tiba-tiba belah pinggir atau rebonding kayaknya engga banget. Kalau kita sih udah original," sambung Tresno lantas tertawa.

Di samping itu, album baru pelantun Mawar Hitam ini tengah dalam proses penggarapan. Jika dirilis dalam waktu dekat, album itu akan menjadi karya ke-8 Tipe-X setelah hiatus mempublikasikan album sejak 2012 silam.

Dalam pernyataan baru-baru ini, Tipe-X masih percaya perilisan album berbentuk fisik masih digandrungi khalayak. Sehingga mereka tak terlalu khawatir merilis album disaat industri musik dalam peralihan ke era digital.

"Yah terutama buat band dan memang mereka masih setia yah sama album-album fisik. Kita ngerasa di Indonesia masih banyak orang-orang yang punya minat tinggi terhadap album fisik," ucap Tresno.

"Karena denganya ada album fisik, buat band itu sebuah penghargaan. Kadang-kadang kita ditanya 'Eh ada lagunya?' 'Ada'. 'Albumnya mana?' Nah jadi harus tetep ada albumnya," sambungnya.

- Baca Juga: Fenomenal K-Pop, Tipe-X: Kita Malah Impor Boyband!

- Baca Juga: Tipe-X Pernah Manggung di Atas Bukit di Banten

Di sisi lain, pria 41 tahun itu berbicara kemungkinan mengajak musisi lain berkolaborasi di album terbaru Tipe-X. Hanya, Tresno menegaskan genre yang diusung tetap mengandung unsur ska dominan.

"Mungkin kalau genrenya berubah si engga yah. Kalau untuk ada kolaborasi, bisa aja. Biasanya sih ngalir aja," pungkas Tresno.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini