Pilih Bermusik di Jalur Indie, Sheila on 7: Kita Lagi Belajar Mandiri

Rima Wahyuningrum, Jurnalis · Selasa 22 Agustus 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 21 205 1760174 pilih-bermusik-di-jalur-indie-sheila-on-7-kita-lagi-belajar-mandiri-E3rXNBG64F.jpg Sheila on 7 (Foto: Sheila on 7)

JAKARTA - Perkembangan teknologi juga telah mempengaruhi beberapa aspek dalam bidang industri musik. Hal itu membuat band Sheila on 7 mulai mengambil langkah baru untuk bisa tampil secara mandiri dalam bentukan label independen.

"Itu (label indie) kan cuma bagian dari perkembangan jaman aja. Mau enggak mau harus mengikuti," ujar Brian di Kebon Jeruk, Jakarta Barat pada Senin (21/8/2017).


(Baca Juga: Fadlan Berikan Batas Waktu Pembayaran Biro Jasa Umrah)

(Baca juga: Pelaku Penganiayaan Adik Fadli-Fadlan Dijatuhi Hukuman 10 Tahun Penjara)

"Ya kita tahu di industri musik begitu. Dari yang piringan hitam, jadi kaset, CD, sekarang digital. Gimana caranya kita mengikuti aja," tambahnya.

Keputusan band asal Yogjakarta tersebut untuk berada di jalur independen membuat mereka harus mengurus keperluan dan agenda sendiri. Meski begitu, bassist pelantun Melompat Lebih Tinggi tersebut mengungkapkan bahwa saat ini bandnya tengah dalam tahap mandiri.

"Itu pilihan sebenernya. Pilihannya cuma dua, diurusin sendiri atau diurusin orang lain. Dan kita baru di fase mengurus diri sendiri. Mengurus diri sendiri dengan baik. Harapannya gitu," tandasnya.

Meski kini berjalan di jalur mandiri, Adam, Brian, Duta dan Eros tak menutup diri untuk bisa bekerjasama suatu saat nanti.

"Baru kalau nanti kita ke depannya udah tahu jalannya Sheila on 7 gimana. Kalau mungkin nanti ada option kita kerja sama dengan orang lain lagi ya mungkin aja. Ya kita mau dengan cara apapun pasti kita akan kerja sama. Itu udah roda industrinya gitu," tandas Adam.


(Baca Juga: Jasa Travel Klarifikasi, Fadlan: Udah Terlanjur Jelek)

(Baca juga: Pelaku Penganiayaan Adik Fadli-Fadlan Divonis Hari Ini)


Melihat perkembangan zaman, Adam menjelaskan bahwa pada era industri musik tahun 1990-an memiliki perbedaan dengan saat ini untuk bisa berpromosi. Jika dulu untuk melakukan rekaman harus mencari produser untuk membuat kaset, sementara sekarang tinggal merekam di rumah dan disebar luarkan di media sosial. Hal itu membuatnya tak bisa memilih kondisi mana yang lebih baik untuk bandnya.

"Enak atau enggak relatif. Zaman sekarang memang lebih memungkinkan orang untuk mandiri. Semakin banyak cara. Semuanya serba memudahkan untuk mengurus sendiri," tutupnya.

(ade)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini