nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

HARI MERDEKA: Rayakan Kemerdekaan, JKT48 Selalu Upacara Bareng Fans Setiap Tahun

Miftahul Khoiriyah, Jurnalis · Rabu 16 Agustus 2017 14:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 16 33 1757042 hari-merdeka-rayakan-kemerdekaan-jkt48-selalu-upacara-bareng-fans-setiap-tahun-bblflRJpdx.jpg JKT48. (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Melody, Shani, dan member JKT 48 lainnya memiliki cara unik untuk turut serta dalam euforia kemerdekaan Indonesia yang jatuh setiap 17 Agustus. Mereka menggelar upacara demi memperingati hari jadi tanah air tersebut setiap tahunnya bersama dengan fans.

Tak melakukannya secara tertutup, grup yang dibentuk sejak 2011 itu kerap mengajak para penggemarnya dalam perayaan hari ulang tahun Indonesia. Maklum, mereka menyadari bahwa nama besar JKT48 di industri musik tak lepas dari peran fans.

Sebelumnya, Melody menjelaskan bahwa ia dan rekan-rekannya juga tak pernah ketinggalan untuk ikut lomba 17-an saat usianya masih kecil. Namun, karena kesibukan dan kondisi yang tidak memungkinkan, maka hal tersebut diganti dengan upacara maupun bernyanyi bersama fans yang sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Kendala Produksi, Lagu Terpanjang JKT48 Sempat Tertunda Rilis

"Kalau dulu suka, cuma semenjak di JKT48 kita ada event sendiri kayak upacara bareng, nyanyi Indonesia Raya bareng sama fans tahun-tahun lalu. Terus tahun lalu kita ada upacara sama handshake bareng fans," katanya saat dijumpai di kawasan Jakarta.

Selanjutnya kapten grup yang beranggotakan lebih dari 50 orang ini mengaku selalu ada perayaan berbeda di setiap tahunnya. Namun untuk hari kemerdekaan yang jatuh pada besok, Kamis 17 Agustus 2017, mereka masih merahasiakannya.

"Nanti tunggu saja ya, mungkin bakalan ada kegiatan 17-an bareng. Cuma masih tunggu announce dari official," imbuh Melody.

Ada begitu banyak harapan yang disampaikan Melody di hari ulang tahun Indonesia ke-72. Salah satunya adalah banyaknya kegiatan positif sesuai dengan jenjang umur masyarakatnya.

Melody sadar bahwa saat ini masa kecil anak-anak sangat berbeda dengan masanya dulu. Sehingga ia khawatir rasa cinta untuk Indonesia semakin terkikis berikut dengan rasa bangga terhadap tanah tumpah darah ini.

"(Harapan) Ya bersatu, terus lebih dipikirkan kegiatan-kegiatan positif yang dilakukan. Karena kan kalau sekarang aku lihat kiblat itu apa ya kalau anak kecil masa-masa kecilnya hilang gitu menurut aku. Jadi lebih baik ditingkatkan lagi kecintaan terhadap tanah air seperti apa . Kalau di sekolah belajar sejarah, tapi enggak cukup disitu saja, tapi kegiatan-kegiatan positif lebih ditanamkan saja untuk lebih meningkatkan nasionalisme sebagai warga negara Indonesia," tegas Melody.

BACA JUGA: Hikmah Nyasar, Member JKT48 Kenalan dengan Cowok Jepang

Menurut Melody dan Shani, rasa bangga karena menjadi bagian dari Indonesia dirasa perlu terus ditingkatkan. Keduanya juga menegaskan bahwa semua warga Indonesia perlu meningkatkan rasa menghargai terhadap para pahlawan yang rela mengorbankan nyawanya demi kemerdekaan.

"Makna kemerdekaan sebagai kebanggan kamu sendiri sebagai warga Indonesia yang baik itu seperti apa. Terus lebih ditingkatkan lagi kalau kita benar-benar merdeka, nasionalismenya lebih tinggi," sambungnya.

"Iya kita juga harus lebih menghargai pejuang-pejuang yang sudah memperjuangkan Indonesia sampai sekarang," tandas Shani.

(FHM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini