Image

Sempat Kecanduan Kopi, Indro Warkop Berhenti karena Sakit Mag

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Minggu 13 Agustus 2017, 16:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 13 33 1755098 sempat-kecanduan-kopi-indro-warkop-berhenti-karena-sakit-mag-RR3G6cpwP6.jpg Indro Warkop (Foto: Sabki/Okezone)

JAKARTA - Kopi memang dapat membuat beberapa orang merasa kecanduan. Bahkan saat ini, bisnis kedai kopi nampaknya cukup dilirik oleh orang yang memiliki modal.

(Baca Juga: Berziarah, Batin Indro "Warkop" Terpuaskan)

(Baca Juga: Gaya Hidup Dinilai Indro Sempat Jadi Penyebab Kehancuran Perfilman Indonesia)

 

Salah satu pecandu berat kopi dikalangan selebriti adalah Indro Warkop. Pria 59 tahun ini mengaku bahwa dahulu dirinya merupakan seorang pecandu kopi. Dalam sehari, dirinya bisa menyeduh dan meminum hampir lima buah gelas sekaligus.

Akan tetapi, ada satu hal yang membuat candunya terhadap kafein terpaksa harus dihentikan. Salah satunya adalah penyakit mag parah yang ia idap.

(Baca Juga: Pesan untuk Seniman, Indro Warkop: Berhenti Berkarya Seperti Manusia yang Mulai Tidak Bernapas)

(Baca Juga: Indro 'Warkop' Terkesan dengan Semangat Almarhum Eko DJ Lawan Penyakit)

"Enggak (sering ngopi). Kalau aku dulu memang pengopi berat. Tahun 95 aku berhenti ngopi. Tepat ultah Indonesia yang ke-50 aku berhenti ngopi," ungkap Indro Warkop yang ditemui di Car Free Day, kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/8/2017).

"Berhenti ngopi karena waktu itu aku magnya parah. Dokter bilang kamu berhenti ngopi atau rokok? Kalau enggak mau cari dokter lain," sambungnya.

Berhenti untuk menghilangkan kebiasaan dan kecanduannya pada kopi diakuinya memang cukup berat. Akan tetapi dirinya mengaku bahwa demi kebaikannya sendiri, ia rela untuk berhenti mengkonsumsi kafein.

"Berat banget (berhenti ngopi). Jadi memang aku orang yang tidak kuat pada kopi sebenernya. Jadi bukan kopinya (yang diminum) yang jelek, tapi aku nya yang enggak kuat," paparnya.

"Aku rasa dulu aku sudah dewasa banget, jadi dengan segala kesadaran (berhenti ngopi). Enggak disuruh," timpalnya sambil tersenyum.

Dalam tahapan berhenti mengonsumsi kopi, aktor sekaligus pelawak ini mengaku sempat iseng mencoba saat bertandang ke luar negeri. Beruntungnya suami dari Nita Octobijanthy ini berhasil untuk menghilangkan kebiasaanya tanpa mengalami kendala besar yang berarti.

"Tapi jujur saja ya, aku waktu itu 17-an waktu 50 tahun aku tur keliling Eropa. Nah pulang itu kebetulan di London mau ke Jakarta, di situ aku mulai berhenti ngopi. Dari situ," kata Indro.

"Jadi aku mikir, kalau nanti ada efek samping enggak serem. Ternyata bener, aku transit di Singapur enggak apa-apa. 18 jam kemudian aku buang-buang air," tandasnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini