nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ridho Rhoma Siap Hadirkan Saksi Ahli Narkoba ke Persidangan

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 21:26 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 08 33 1752223 ridho-rhoma-siap-hadirkan-saksi-ahli-narkoba-ke-persidangan-XshNcI0Fs3.jpg Ridho Rhoma (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ridho Rhoma diberikan kesempatan untuk menghadirkan saksi pada sidang lanjutan perkara narkoba yang menjeratnya Selasa depan. Menurut keterangan Ismail Ramli selaku kuasa hukum Ridho, pihaknya akan mendatangkan satu saksi dan satu ahli.

(Baca Juga: Pengacara Ridho Rhoma Anggap Keterangan Saksi sebagai Rekayasa)

"Kita akan hadirkan saksi dari dokter RSKO. Kemudian ada salah satu dokter ahli di bidang narkoba," terang Ismail, saat ditemui usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (8/8/2017).

Seperti diketahui, Majelis Hakim sudah memberikan kesempatan pada Jaksa Penuntut Umum untuk menghadirkan saksi di persidangan. Secara keseluruhan, tujuh saksi dihadirkan oleh jaksa guna memperkuat dakwaan mereka terhadap Ridho.

(Baca Juga: Ridho Rhoma Benarkan Keterangan Saksi Soal Kebiasaan Pakai Narkoba)

Sementara mengenai keputusan menghadirkan ahli ke persidangan, Ismail Ramli menganggap keberadaan mereka dapat menguatkan posisi Ridho yang saat ini dianggap menjalani hukuman di luar ketetapan undang-undang. "Yang pertama kita ya butuh kesaksian mereka untuk meringankan. Dengan posisi Ridho sekarang ada di Rutan Salemba ini kan inkonsisten," beber Ismail.

"Ridho memang sejak penyidikan sampai ke pengadilan ini menurut hasil dari assessment terpadu BNN itu di rehabilitasi," lanjutnya.

(Baca Juga: Sidang Lanjutan Ridho Rhoma Digelar, Hakim Periksa 4 Saksi JPU)

Ridho Rhoma sebelumnya memang telah dinyatakan sebagai korban penyalahgunaan narkotika dalam hasil assessment yang ditetapkan Badan Narkotika Nasional (BNN). Penetapan itu dilakukan usai Ridho diperiksa lantaran kedapatan membawa narkotika jenis sabu seberat 0,76 gram pada Maret 2017 lalu.

Namun saat berkas sudah dilimpahkan ke Kejaksaan, jaksa justru menilai Ridho bersalah atas kepemilikan zat adiktif tersebut. Mengacu pada hasil penelitian mereka, jaksa lantas meminta Ridho untuk dipindahkan ke Rutan Salemba guna menjalani penahanan.

(Baca Juga: Ridho Rhoma Habiskan Waktu di Penjara dengan Tulis Novel)

Berkaca pada pertimbangan jaksa yang dianggap keliru, Ismail Ramli beserta kuasa hukum Ridho yang lain pun mengaku berupaya untuk membuat kliennya kembali menjalani rehabilitasi. Keberadaan seorang ahli yang dapat memberikan penjelasan tentang situasi tersebut dianggap sebagai salah satu upaya guna memenuhi tujuan itu.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini