Share

Sinopsis Parasite, Salah Satu Film Terbaik Sepanjang Masa Korea Selatan

Selvianus, MNC Portal · Selasa 24 Januari 2023 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 24 206 2752116 sinopsis-parasite-salah-satu-film-terbaik-sepanjang-masa-korea-selatan-o2m8jwp3yl.jpg Sinopsis Film Parasite (Foto: ist)

JAKARTA - Parasite menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa Korea Selatan. Film ini disutradarai, diproduseri, dan ditulis Bong Joon-ho bersama Kwak Sin-ae dan Jang Young-hwan serta Han Jin-won. Film ini dibintangi Song Kang-ho, Lee Sun-kyun, Cho Yeo-jeong, Choi Woo-shik, dan Park So-dam.

Parasite ditayangkan perdana di Festival Film Cannes ke-72 pada 21 Mei 2019, yang menjadi film Korea Selatan pertama yang memenangi Palme d'Or.

Film Parasite menceritakan Kim Ki-taek (Song Kang-ho) hidup bersama istrinya Park Chung-suk (Jang Hye-jin), putranya Kim Ki-woo (Choi Woo-shik), dan putrinya Kim Ki-jeong (Park So-Dam) di banjiha, apartemen semi-bawah tanah yang kecil dan kumuh. Pekerjaan harian mereka adalah melipat kotak pizza dengan penghasilan yang sangat kecil dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Film Parasite

Suatu hari, Ki-Woo menerima tawaran kawannya, Min-hyuk (Park Seo-joon), untuk mengambil alih pekerjaannya sebagai guru les privat bahasa Inggris untuk Park Da-hye (Jung Ji-so), anak perempuan keluarga kaya Park Dong-ik (Lee Sun-kyun) dan istrinya Choi Yeon-gyo (Jo Yeo-jeong) sekaligus kakak dari Park Da-song (Jung Hyun-joon), karena berencana menuntut ilmu ke luar negeri. Min-hyuk juga memberikan "batu keberuntungan".

Perlahan-lahan, keluarga Kim berusaha agar satu per satu anggota keluarga mereka dapat bekerja di keluarga Park, dengan saling menganjurkan satu sama lain dan berbohong sebagai penyedia jasa profesional yang saling tidak kenal. Ki-woo menjadi guru les (yang mereka panggil "Kevin") dan diam-diam memulai hubungan romantis dengan Da-hye. Ketika Yeon-gyo berniat mencarikan guru dan terapis seni untuk Da-song, Ki-woo memanfaatkan kesempatan ini dengan menyarankan seorang "profesional" bernama Jessica yang berasal dari Chicago, Illinois, Amerika Serikat, yang ternyata justru Ki-jeong saudarinya sendiri. Ki-jeong kemudian memfitnah sopir keluarga Park dengan meletakkan celana dalamnya di dalam mobil milik keluarga Park.

Dong-ik mengusir sopir itu dan menggantinya dengan seorang mantan sopir valet yang ternyata Ki-taek. Dan untuk terakhir kalinya, Ki-taek berkomplot dengan kedua anaknya untuk menarik sang ibu, Chung-suk menjadi asisten rumah tangga, dengan mencoba menakut-nakuti bahwa pembantu mereka saat ini, Mun-gwang (Lee Jung-eun), mengidap tuberkulosis dengan memanfaatkan alergi persik yang dideritanya.

Parasite telah memenangkan empat penghargaan dalam Academy Awards ke-92, termasuk Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Skenario Asli Terbaik, dan Film Internasional Terbaik. Film ini merupakan film pertama asal Korea Selatan yang mendapat nominasi Academy Award, begitu pula film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan Film Terbaik.

Dalam Golden Globe Awards ke-77, film ini meraih Film Berbahasa Asing Terbaik. Film ini juga mendapatkan empat nominasi dalam British Academy Film Awards ke-73, dengan memenangkan Film Tidak dalam Bahasa Inggris Terbaik dan Skenario Asli Terbaik. Film ini juga menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk kategori Pemeran dengan Penampilan Luar Biasa dalam Film. Di Grand Bell Awards ke-56, Parasite memperoleh sebelas nominasi terkemuka dengan lima kemenangan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

(aln)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini