Share

5 Film yang Rugi Besar di Box Office Sepanjang 2022

Claudia Noventa, Okezone · Rabu 04 Januari 2023 14:55 WIB
https: img.okezone.com content 2023 01 04 206 2740065 5-film-yang-rugi-besar-di-box-office-sepanjang-2022-Ox3qcjY0vA.jpg Film Amsterdam. (Foto: IMDB)

JAKARTA - Setelah dua tahun terhenti karena pandemi Covid-19, tahun 2022 dunia perfilman kembali bergeliat dengan menampilkan film-film yang mampu menembus box office.

Film 'Top Gun: Maverick' mampu memecahkan rekor box office, sedangkan film 'Elvis' unggul untuk film biografi musikal, serta film 'Nope' teratas untuk kategori film horor.

Namun, setiap kesuksesan pasti juga ada kegagalan seperti beberapa film yang akan diulas Okezone, seperti dikutip dari thenationalnews, Rabu (4/1/2022).

1. Film "Amsterdam"

Film Amsterdam (Foto: IMDB)

Film "Amsterdam" terlihat memiliki semua yang dibutuhkan untuk kesuksesan komersial yang besar. Dipimpin Christian Bale, Margot Robbie, dan John David Washington, Amsterdam punya banyak momentum saat perilisannya pada Oktober lalu.

Sayangnya, film tersebut malah gagal total dengan mendapatkan review jelek dan hanya meraup USD31,2 juta (Rp484,8 miliar) dari penayangannya di bioskop. Padahal, biaya pembuatan film tersebut mencapai USD80 juta (Rp1,2 triliun).

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Follow Berita Okezone di Google News

2. Film "The Northman"

Film The Northman. (Foto: IMDB)

Film "The Northman" diketahui memiliki naskah dan penyutradaraan yang sempurna. Begitupun dengan pemerannya yang diisi para bintang seperti Nicole Kidman, Claes Bang, Willem Defoe, Anya Taylor-Joy dan yang lainnya.

Namun, "The Northman" yang dibuat dengan biaya sekitar USD70—90 juta (Rp1—1,39 triliun), tidak mencapai batasan box office saat dirilis. Film itu hanya meraup USD69,9 juta (Rp1,1 triliun). Meski begitu, The Northman malah mendapatkan ulasan bagus dan jadi populer lewat VOD. Film itu kini dianggap menjadi salah satu film terbaik di 2022.

3. Film " The Unbearable"

Film The Unbearable. (Foto: IMDB)

Film "The Unbearable Weight of Massive Talent" tak bisa menembus box office meski dibintangi oleh Nicholas Cage yang dicintai banyak orang. Cage berperan sebagai dirinya sendiri yang menerima tawaran film dari seorang miliader yang ternyata gembong narkoba.

Chemistry yang apik dari Nicholas dan Pedro Pascal juga tak bisa mendongkrak film yang hanya meraup USD29,1 Juta (Rp452 Miliar), padahal biaya produksi sekitar USD30 juta (Rp466 miliar).

4. FIlm "Morbius"

Film Morbius (Foto: IMDB)

Film hasil adaptasi dari karakter Marvel Comics itu dicap sebagai kerugian terbesar Sony lantaran hanya meraup USD167,5 juta (Rp2,6 triliun), meskipun biaya produksi USD83 juta (Rp1,28 triliun).

Debut Jared Leto sebagai Dr. Michael Morbius, anti-hero terbaru di semesta Sony Pictures Universe of Marvel Characters malah mendapatkan ulasan jelek.

5. Film "Moonfall"

Film Moonfall. (Foto: IMDB)

"Moonfall" yang memiliki biaya produksi hampir USD150 juta (Rp2,3 triliun), hanya mendapatkan keuntungan $59,1 juta (920 miliar).

Film bergenre aksi, petualangan, dan fantasi diproduksi oleh Lionsgate dan diproduseri oleh Emmerich bersama Harald Kloser.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini