Share

Rampung Digelar, Berikut Daftar Pemenang Indodax Short Film Festival 2022

Vania Ika Aldida, Okezone · Rabu 30 November 2022 03:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 11 29 206 2717440 rampung-digelar-berikut-daftar-pemenang-indodax-short-film-festival-2022-DgIfrm1c7T.jpg Indodax Short Film Festival 2022 (Foto: Instagram)

JAKARTA - Ajang penghargaan untuk film pendek tahunan terbesar di Indonesia, Indodax Short Film Festival (ISFF) 2022 baru saja usai digelar. Berlangsung pada Kamis malam, 17 November 2022 lalu, acara yang digelar untuk keempat kalinya ini bahkan disiarkan melalui YouTube Indodax dan tidak memiliki tema khusus untuk pembuatan film seperti tahun sebelumnya.

Bukan tanpa alasan, ISFF 2022 tidak memiliki tema seperti biasanya. Pasalnya dewan juri yang terlibat ingin melihat sejauh mana para sineas mampu berkreasi dan menuangkan ide mereka ke dalam film.

Dalam ajang ini, Indodax menghadirkan tiga dewan juri yang sudah cukup lama berkecimpung di dunia perfilman Tanah Air. Ketiga dewan juri yang dimaksud yaitu Ernest Prakasa, Mira Lesmana, dan juga Anjas Maradita. Bahkan hadir pula Dian Rintari sebagai perwakilan dari Indodax.

Sedikitnya ada 15 buah film dari ratusan karya yang akhirnya dinilai oleh dewan juri dalam acara awarding tersebut. Para juri bahkan melakukan seleksi terhadap 15 film tersebut dengan menilai bagaimana skenario, pendalaman karakter, sinematografi, dan juga editingnya.

Sebagai salah satu juri, Mira Lesmana mengaku sangat mengapresiasi rumah produksi yang sudah terlibat dalam acara ini. Bahkan ia memuji para anak muda yang terlihat cukup bersemangat dan terlihat memiliki ketertarikan dengan dunia perfilman. 

"Saya senang sekali bisa menjadi juri di ISSF 2022 ini, melihat karya anak-anak muda yang terlihat penuh passion. Passion sangat dibutuhkan karena memang perfilman Indonesia sangat butuh bakat-bakat baru untuk mengisi dan menambah SDM yang kreatif untuk terus meningkatkan Industri Perfilman Indonesia,"ungkap Mira Lesmana.

"Meskipun secara teknis sudah sangat baik sekali, tapi tentunya ada yang masih membutuhkan lebih banyak lagi belajar dan menambah jam terbang dengan lebih banyak menonton, membaca buku tentang pembuatan film, dan rajin mengikuti event-event seperti ini supaya bisa terus menambah pengalaman. Saya pun berharap ke depannya ada yang mulai berani membuat musiknya sendiri untuk menjadi scoring ke dalam film-filmnya," sambungnya.

Indodax Short Film Festival 2022

Ernest Prakasa pun mengaku bahagia bisa menjadi bagian dalam penjurian Indodax Short Film Festival 2022. Bahkan lewat sambutannya, sutradara Cek Toko Sebelah ini sempat menyampaikan kesan dan pesan untuk para pembuat film pendek, terutama bagi para calon peserta ISFF 2023 mendatang.

"Senang sekali bisa melihat beragam karya mulai dari drama, horror dan berbagai macam genre. Seperti yang mbak Mira bilang, semangat buat teman temen untuk mengikuti event seperti ini karena selain menambah pengalaman juga bisa menguji kira kira teman teman sudah sampai di level mana. Juga sangat berguna untuk menambah networking," papar Ernest.

Baca Juga: 50 Tahun Berkarya, Indomie Konsisten Hidupkan Inspirasi Indomie untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Menariknya, ISFF 2022 tidak hanya menggelar lomba film pendek dengan hadiah yang cukup menarik. ISFF 2022 juga menggelar workshop berjudul Kunci Sukses Membuat Film dengan Angga Dwimas Sasongko sebagai narasumbernya. Acara tersebut diketahui berlangsung pada Juli 2022 lalu.

Berikut, daftar pemenang ISFF 2022:

1. Best Short Film: The Script dari rumah produksi Mendadak Production

2. Best Director: The Script dari rumah produksi Mendadak Production

3. Best Cinematography: Mannequin dari Komunitas film Klaten

4. Best Commercial: Wejangan Rampok dari rumah produksi Merekah Asa Sinema

5. Best Screenplay: The Script dari rumah produksi Mendadak Production

6. Best Role: Ibu Nyoman Widiasari - Film Akal Sehat dari rumah produksi Imagine Pilem

7. Most Views: Mei Lan dari rumah produksi Hored Production

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini