Share

Aruma Ungkap Kisah Pahit Cinta dalam Single Muak

Sukainah Hijarani, Okezone · Minggu 02 Oktober 2022 01:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 01 205 2678902 aruma-ungkap-kisah-pahit-cinta-dalam-single-muak-36DC6tV9ZF.jpeg Aruma (Foto: ist)

JAKARTA - Aruma debut di industri musik Indonesia. Aruma menceritakan kisah pahit percintaan dalam single bertajuk Muak.

Diciptakan oleh M. Aditia Sahid dan Okto Ahadi, lagu ini bercerita tentang curhatan seseorang yang sudah lelah dan kecewa dengan pasangannya karena terus-menerus diberi janji manis yang tidak kunjung terealisasi.

“Ya, ini berdasarkan kisah cinta yang benar-benar terjadi. Awalnya aja yang penuh semangat dan menggebu-gebu, tapi lama-kelamaan udah muak diberi harapan palsu terus. Akhirnya, karena sudah lelah, orang memutuskan untuk bilang kata ‘cukup.’ Nggak mau lagi tertipu sama janji manisnya,” jelas gadis bernama lengkap Nidewi Aruman ini.

Aruma

Untuk single pertamanya, pengagum Maudy Ayunda ini dibantu oleh Keke Kananta yang memberikan sejumlah lagu untuk dipilih sesuai karakter suara dan memungkinkan untuk gadis ini nyanyikan. Akhirnya, Aruma memilih Muak sebagai lagu pembuka dari awal kerja kerasnya di label Sony Music Indonesia dan juga belantika musik Tanah Air. Selain sebagai pencipta lagu, M. Aditia Sahid juga bertindak sebagai produser dan turut mengisi bagian gitar, piano, string, dan perkusi. Terakhir, mixed dan mastered dikerjakan oleh Ari “Aru” Renaldi.

“Aku langsung jatuh cinta begitu dengar nada dan lirik “Muak” sehingga memutuskan bahwa inilah single perdana aku. Untungnya, sebagai musisi pendatang baru, proses rekaman kali ini cukup lancar dan menyenangkan karena aku dibantu Kak Kamga sebagai pengarah vokal. Dia baik dan suka memberi saran-saran yang bisa jadi pelajaran aku ke depannya. Aku juga ditemani oleh pihak Sony Music yang datang dan mendukung proses rekamanku yang berjalan kurang-lebih enam jam.”

Meski menuntut ilmu di jurusan Desain Produk Institut Teknologi Bandung (ITB), namun rupanya Aruma sudah lama mengenal musik. Sempat mengikuti les piano dan belajar bermain gitar secara otodidak, penyanyi kelahiran Bandung, 3 September 2003, ini mulai menyukai musik dan suka bersenandung sendiri sehingga karakter suaranya pelan-pelan terbentuk. Untuk menyalurkan kecintaannya tersebut, ia kerap menyanyikan ulang berbagai lagu yang kemudian ia posting di media sosial. Dari situlah, Aruma akhirnya dihubungi oleh pihak Sony Music Indonesia.

“Jadi, waktu itu, aku dikontak lewat instagram oleh Kak Keke Kananta, A&R Sony Music, yang langsung mengajak aku bergabung di label Sony Music dan membuat single pertama. Aku kaget, sekaligus senang, karena ini kesempatan yang nggak aku sangka-sangka. Kami lalu akhirnya bertemu untuk membahas rencana ke depannya akan seperti apa. Tentunya, harus minta persetujuan orangtua karena aku masih kuliah. Tapi, aku bersyukur karena keluarga setuju dan sangat mendukung aku untuk berkarier di bidang musik.”

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia bersama Astra

Saat ini, Aruma mengungkapkan, dirinya sedang fokus di tiga genre favoritnya, yaitu folk, pop, dan jazz. Namun, gadis yang memiliki hobi menyanyi, bermain musik, menggambar, dan modelling ini juga tertantang untuk bereksperimen dalam karya-karyanya.

“Aku selalu suka mencoba hal-hal baru, termasuk di dunia musik. Keinginan aku adalah suatu saat bisa membuat lagu yang memasukkan unsur musik klasik atau ada efek suara alamnya. Pasti akan memberikan sentuhan yang unik.”

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini