Share

KPAI Mengecam Keras Aksi Kriss Hatta Pacari Anak di Bawah Umur

Vania Ika Aldida, Okezone · Rabu 28 September 2022 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 28 33 2676507 kpai-mengecam-keras-aksi-kriss-hatta-pacari-anak-di-bawah-umur-WLXQvs2PB9.jpg Kriss Hatta (Foto: Instagram)

PRESENTER Kriss Hatta beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa dirinya tengah menjalin hubungan dengan seorang gadis di bawah umur. Ia bahkan sempat mengaku bahwa usia kekasihnya berbeda 20 tahun darinya, yakni 14 tahun.

Hal itu sontak membuat dirinya mendapatkan cukup banyak kecaman dari netizen. Bahkan, protes keras juga ikut dilayangkan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Terdapat beberapa poin kecaman terkait pengakuan Kriss Hatta memacari anak berusia di bawah umur. Hal itu bahkan disampaikan oleh Retno Listyarti selaku Komisioner KPAI dalam keterangan tertulis.

"Mengecam Kriss Hatta sebagai public figure yang telah memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia," bunyi poin pertama yang disampaikan oleh KPAI.

KPAI juga menyorot pernyataan Kris Hatta yang menyebut jika dirinya akan menikah dengan gadis tersebut setelah kekasihnya lulus SMA. Hal tersebut cukup disayangkan lantaran ucapannya akan berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak. Apalagi pemerintah pusat dan daerah sedang giat-giatnya berjuang menurunkan angka perkawinan anak. 

Kriss Hatta

"Public figure harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-hak nya utk tumbuh kembang secara optimal," lanjutnya.

Meski Kriss Hatta tak secara terang-terangan mengungkapkan identitas sang kekasih, lambat laun publik akan mengetahui siapa gadis tersebut. Hal itu dikhawatirkan memiliki potensi kuat terjadinya glorifikasi kisah cinta orang dewasa yang sudah pantas menjadi ayahnya dengan anak di bawah umur.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Lebih lanjut, KPAI juga meminta agar media tidak melakukan glorifikasi terkait kisah cinta Kriss Hatta dengan anak di bawah umur tersebut. 

"Saya mendorong media massa untuk mengedukasi masyarakat dengan tidak melakukan glorifikasi kisah cinta Kriss Hatta dengan anak usia 14 tahun," tegas Retno Listyarti.

Sebagaimana diketahui, Kriss Hatta mengaku bahwa dirinya kini tengah berpacaran dengan anak berusia jauh lebih muda darinya. Bahkan hubungan tersebut juga mendapatkan restu dari ibunda sang pacar.

Tak hanya itu, Kriss bahkan menyebut bahwa dirinya dan gadis tersebut akan segera menikah. Prosesi pernikahan keduanya bahkan disebut akan berlangsung di Surabaya lantara mereka memiliki agama yang berbeda.

"Dia umur 14 tahun, udah dapat restu dari orang tuanya dong,” kata Kriss Hatta beberapa waktu lalu.

"Ah gue kalau (nikah) besok juga mau. Beda (agama), tapi tenang di Indonesia sudah ada Pengadilan Negeri di Surabaya, menikahkan yang beda keyakinan," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini