Share

5 Artis Korea Bisa Berbahasa Indonesia, Ada yang Sampai Punya Nama Lokal

Nindy Sabila, Okezone · Minggu 04 September 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 33 2660595 5-artis-korea-bisa-berbahasa-indonesia-ada-yang-sampai-punya-nama-lokal-6nguWzaCVz.jpg Artis Korea bisa berhasa Indonesia. (Foto: Choi Siwon/Prestige HK)

JAKARTA - Beberapa artis Korea bisa berbahasa Indonesia. Ada yang mempelajarinya untuk bisa berkomunikasi dengan penggemar, lainnya karena tuntutan pekerjaan. Apapun alasannya, usaha mereka untuk belajar bahasa Indonesia perlu diacungi jempol. 

Berikut deretan artis Korea yang bisa berbahasa Indonesia, seperti dikutip Okezone dari berbagai sumber.

SON EUN SEO

Aktris Son Eun Seo mendapat dialog singkat berbahasa Indonesia dalam drama Voice 3, pada 2019. Dalam salah satu adegan, Park Eun Soo (Son Eun Seo) turut menginterogasi Pertiwi (Yannie Kim) atas kasus pembunuhan.

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Son Eun Seo/OCN)

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Son Eun Seo/OCN)

"Pertiwi, kamu harus ingat ibumu di Indonesia. Ibu dan adik-adikmu. Ingat keluargamu," kata Son Eun Seo dengan dialog yang cukup fasih. Kala itu, penonton Indonesia cukup heboh dengan keberadaan dialog tersebut. 

HAECHAN DAN DOYOUNG NCT 127

Dua member NCT 127 ini sempat membuat heboh penggemar Indonesia saat mengcover lagu Cinta Luar Biasa, milik Andmesh Kamaleng yang dirilis pada Oktober 2017. Bukan diterjemahkan dalam bahasa Korea, Haechan dan Doyoung justru menyanyikan lagu itu sepenuhnya dalam bahasa Indonesia dan membuat penggemar berdecak kagum.

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Doyoung dan Haechan NCT 127/Twitter/@NCT_OFFICIAL_JP)

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Doyoung dan Haechan NCT 127/Twitter/@NCT_OFFICIAL_JP)

BACA JUGA: 10 Artis Korea Sukses Main Film Hollywood, Nomor 10 Berhasil Raih Piala Oscar

BACA JUGA: Kocak, Iwa K Kena Jambret Malah Dapat Sepeda Motor si Maling

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

CHOI SIWON

Para personel Super Junior (Suju) memang dikenal dekat dengan penggemarnya di Indonesia. Masing-masing member bahkan punya nama Indonesia, seperti Choi Siwon yang disapa Mas Agung. Lewat Twitter. dia bahkan kerap menyapa penggemarnya dengan bahasa Indonesia.

 Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Choi Siwon/Label SJ)

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Choi Siwon/Label SJ)

Seperti saat dia mempromosikan channel YouTube pribadinya lewat Twitter, pada 2 Juni 2020 “Subscribe, pencet like juga,” tulisnya. Tak hanya itu, unggahan tersebut juga disertai dengan meme lucu bertuliskan, “Maju lo sini”. 

RYEOWOOK SUPER JUNIOR

Jika Siwon disapa Mas Agung, Ryeowook Super Junior akrab disapa Krisna. Dia pernah mengejutkan ELF Indonesia dengan mengcover lagu Maafkan Aku #TerlanjurMencinta yang dipopulerkan Tiara Andini. Video cover itu diunggahnya lewat channel YouTube pribadinya pada 1 Maret 2021.

 Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Ryeowook/Label SJ)

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Ryeowook/Label SJ)

Seperti Haechan dan Doyoung NCT 127, Ryeowook juga memilih menyanyikan lagu tersebut dalam bahasa Indonesia ketimbang menerjemahkannya dalam bahasa Korea. Menariknya lagi, dia menyanyikan lagu itu dengan pelafalan cukup fasih dan jelas.

HYOYEON SNSD

Pada 2018, Hyoyeon SNSD sempat bertandang ke Indonesia dan mengungkapkan perasaannya lewat Instagram. “See you (sampai jumpa) #Indonesia. Saya senang sekali. Mari bertemu lagi ya. Sampai bertemu lagi,” tulis idol yang juga dikenal sebagai female disk jockey tersebut saat itu.*

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Hyoyeon SNSD/VOGUE)

Artis Korea bisa berbahasa Indonesia. (Foto: Hyoyeon SNSD/VOGUE)

BACA JUGA: Tarra Budiman Mengaku Sempat Khawatir Memiliki Anak Kedua, Kenapa?

BACA JUGA: Sebut Iqbaal Ramadhan Kembarannya, Jerome Polin Diprotes Netizen

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini