Share

Profil Raline Shah, Pemain 5 CM Kembali Berakting setelah Vakum 2,5 Tahun

Siska Permata Sari, Jurnalis · Rabu 18 Mei 2022 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 18 33 2595907 profil-raline-shah-pemain-5-cm-kembali-berakting-setelah-vakum-2-5-tahun-MGfg7cvhgS.jpg Raline Shah. (Foto: Instagram)

JAKARTA - Nama artis Raline Shah sangat populer saat membintangi film 5 CM. Kini, dia kembali berakting dalam serial komedi, Dating Queen setelah sempat vakum 2 tahun dari dunia perfilman.

Siapa yang tak kenal dengan artis Raline Shah? Wanita 37 tahun ini memulai karier di industri hiburan sejak tahun 2000-an sudah menorehkan sejumlah prestasi.

 Raline Shah, Pemain Film 5 CM Berakting Lagi setelah 2 Tahun Vakum

Menilik perjalanan kariernya, wanita yang lahir di Medan pada 4 Maret 1985 ini memulai debutnya di ajang kecantikan, Puteri Indonesia 2008.

 BACA JUGA:Raline Shah Comeback usai 2,5 Tahun Vakum

Kala itu usianya masih 20 tahun, dia mewakili provinsi Sumatera Utara. Alhasil Raline berhasil meraih gelar 'Putri Favorit Indonesia'.

Tak hanya itu, saat bersekolah Raline Shah ternyata telah menyutradarai dan berakting dalam berbagai kegiatan teater dan musikal.

Dari kegiatan tersebut, Raline berhasil meraih penghargaan Silver Youth International Award pada tahun 2002 dan Gold International Youth Award pada tahun 2003 dalam kategori olahraga, kegiatan seni, dan dedikasi kepada masyarakat.

Dari situ, dia kemudian merambah karier ke dunia akting. Tahun 2012 memulai karier dengan membintangi film '5 CM'. Lewat perannya sebagai Riani membuatnya namanya meroket.

Sejak saat itu, dia menerima banyak tawaran bermain film misalnya, 99 Cahaya di Langit Eropa, Supernova, Surga yang Tak Dirindukan, dan Orang Kaya Baru.

Terbarunya, dia membintangi serial Dating Queen yang dikemas dalam balutan komedi. Lewat web series ini Raline Shah kembali berakting setelah vakum 2,5 tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

Berkat kepiawaian dan dedikasinya di dunia perfilman, pemilik nama asli Raline Rahmat Shah Simalungun ini telah berhasil meraih sejumlah penghargaan.

Salah satunya memenangkan penghargaan di Festival Film Indonesia (FFI) sebagai Pemeran Pendukung Wanita Terbaik lewat film Surga yang Tak Dirindukan.

Di samping kiprahnya sebagai selebriti, Raline Shah juga seorang filantropis. Itu terbukti saat dirinya menjadi sukarelawan di United Nation's High Commissioner for Refugees (UNHCR) dan World Wide Fund for Nature (WWF).

Bahkan, dia merupakan salah satu pendiri Yayasan Tunas Bakti Nusantara pada tahun 2018, sebuah organisasi amal untuk mengembangkan dukungan pendidikan, kesehatan, kesejahteraan, dan pembangunan di daerah 3T (tertinggal, terluar, terdepan) di Indonesia.

Selain itu, Raline Shah juga terjun ke dunia bisnis. Dia sempat jadi komisaris Air Asia pada 2017 silam dan memiliki kedai kopi Kisaku.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini