Share

Fajar Nugros Ungkap Tantangan Menggarap Film Srimulat: Hil Yang Mustahal

Syifa Fauziah, Okezone · Kamis 12 Mei 2022 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 12 206 2593325 fajar-nugros-ungkap-tantangan-menggarap-film-srimulat-hil-yang-mustahal-5gqqCvxj0K.jpg Srimulat: Hill Yang Mustahil. (Foto: MNC Pictures)

JAKARTA - Sutradara Fajar Nugros mengaku, bukan hal yang mudah menggarap film Srimulat: Hil Yang Mustahal. Dia mengungkapkan, ada tiga kendala yang harus mereka taklukkan saat menggarap film tersebut. 

Pertama, Fajar dan timnya belum mengenal Srimulat lebih dalam. “Srimulat versi saya itu yang tahun versi ‘90-an. Sementara Srimulat kan sudah ada dari tahun ‘50-an,” ujarnya saat gala premiere, pada Kamis (12/5/2022). 

Beragamnya versi Srimulat membuat Fajar harus memilih cerita yang tepat. “Pas mengerjakan film ini, saya harus memilih pesan seperti apa yang mau diangkat dan karakter mana saja yang mau ditonjolkan,” tuturnya. 

Kedua, minimnya dokumentasi awal karier Srimulat. Hal ini membuat Fajar dan timnya kesulitan mencari informasi tentang kisah kelompok lawak tersebut. 

“Negara kita kesadaran dokumentasinya kurang. Era sekarang baik, tapi sumbernya kurang. Untungnya, saksi hidup (Eko, pendiri Srimulat) ada di samping saya. Jadi, saya tahu apa yang mau diambil,” kata sang sutradara menambahkan. 

BACA JUGA: Srimulat: Hil Yang Mustahal -Babak Pertama- Tayang 19 Mei di Bioskop

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Ketiga, kendala bahasa karena para aktor harus berbicara dalam bahasa Jawa. Beruntungnya, para produser memberikan kemudahan kepada tim produksi untuk mempersiapkan film ini dengan baik dan matang. 

Konferensi pers film Srimulat: Hil Yang Mustahal. (Foto: MNC Pictures)

“Persiapan kami sekitar 4 bulan. Jadi, waktu itu digunakan untuk membentuk karakter pemain menjadi orang Jawa. Lalu saat datang ke set lokasi syuting, mereka sudah jadi pemain Srimulat,” ungkapnya menambahkan. 

Film garapan MNC Pictures dan IDN Pictures ini bercerita tentang perjalanan panjang grup lawak Srimulat, dari awal berdiri hingga tetap eksis hingga kini. Film ini dibintangi sederet aktor muda, seperti Bio One yang berperan sebagai Gepeng. 

BACA JUGA: 5 Fakta Natalie Sarah Pindah Agama, Naikkan Dzikir di Dalam Gereja

Elang El Gibran menjadi Basuki, Dimas Anggara sebagai Timbul, dan Ibni Jamil menjadi Tarzan. Aktor Rifnu Wikana bertransformasi menjadi Asmuni, Erick Estrada sebagai Tessy, dan Zulfa Maharani menjadi Nunung. 

Konferensi pers film Srimulat: Hil Yang Mustahal. (Foto: MNC Pictures)

Sementara itu, film Srimulat: Hil Yang Mustahal rencananya akan memulai debutnya di bioskop pada 19 Mei mendatang.*

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini