Share

Podcast Obrolan Misteri: Misteri Kapal Hantu di Dunia

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 28 April 2022 15:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 28 598 2586772 podcast-obrolan-misteri-misteri-kapal-hantu-di-dunia-v6yHwbZsdt.jpg Podcast Obrolan Misteri. (Foto: RCTI+)

TERNYATA ada banyak misteri di dunia yang masih belum terungkap sama sekali, terutama di lautan lepas, loh! Tidak hanya satu, bahkan ada terlalu banyak misteri yang berujung menjadi cerita menyeramkan di kalangan penduduk setempat karena adanya fakta yang belum ditemukan serta ada banyaknya spekulasi yang mengaitkan misteri tersebut dengan hal-hal berbau mistis. Duh, Penasaran gak sih? Live Podcast Obrolan Misteri yang bisa kamu dengarkan Hari Kamis, 28 April 2022 Jam 20.00 Wib akan membahas tentang adanya misteri kapal hantu di dunia.

 BACA JUGA:Podcast Love Story Eps 29: Biasa Aja Bisa Gak Sih?

1. Kapal Caleuche

Pernah dengar tentang kapal Caleuche? Kapal tersebut menjadi sebuah misteri kapal hantu yang dikabarkan berlayar mengelilingi Pulau Chiloe pada malam hari. Kisahnya sendiri berasal dari mitologi Chilota yang telah menjadi buah bibir hangat bagi para penduduk yang tinggal di Kepulauan Chiloe di selatan Chile. Walaupun di beberapa tulisan, Caleuche digambarkan sebagai sebuah kapal yang indah dan selalu mengalunkan musik, nyatanya kapal tersebut juga menyimpan misteri tersendiri. Mereka yang tinggal di kepulauan Chiloe mengatakan bahwa ada sebuah kapal yang selalu datang ke dekat pulau Chiloe dan diyakini bahwa kapal itu membawa roh-roh manusia yang tenggelam di lautan. Mereka juga menyebutkan bahwa kapal yang muncul dengan layar berwarna putih dan tiga tiang serta lima layar tersebut hanya akan singgah untuk beberapa saat. Namun, dengan cepat akan menghilang kembali tanpa bukti kehadirannya.

2. Kapal Valencia

Misteri kapal hantu yang kedua datang dari sebuah kapal yang tenggelam di perairan Vancouver, British, Columbia. Kapal Valencia  yang karam setelah menghadapi cuaca buruk di Cape Mendociona sekitar 200 mill utara dari San Fransisco pada tahun 1960 itu telah menjadi salah satu misteri kapal hantu yang belum terpecahkan. Pada saat kapal tenggelam, para awak kapal sudah berusaha sekuat tenaga untuk menyelamatkan 180 penumpang yang ada di sana. Namun, dikarenakan oleh adanya rasa panik yang mendominasi, ada banyak sekoci yang terbalik saat diturunkan sehingga mereka hanya bisa menyelamatkan 37 orang saja. Anehnya, hanya ada salah satu sekoci yang hilang begitu saja tanpa diketahui jejaknya sama sekali. Sejak saat itu, banyak nelayan yang mengaku sering melihat sebuah sekoci yang utuh dengan kerangka manusia di atasnya.

3. Kapal Ourang Medan

Tidak hanya terjadi di perairan luar saja. Nyatanya, lautan Nusantara juga menyimpan misteri di dalamnya. Sebuah kapal bernama Ourang Medan menjadi salah satu kisah misteri yang bisa membuat bulu kuduk berdiri. Kisahnya sendiri dimulai ketika dua buah kapal Amerika yaitu City of Baltimore dan Silver Star berlayar untuk menjalankan sebuah misi penyelamatan pada tahun 1947 di Selat Malaka. Para pekerja di sana menyebutkan bahwa mereka mendapatkan panggilan darurat dari kapal kargo Belanda yang bernama Ourang Medan. Orang yg menghubungi mereka mengaku bahwa kapten dan awak kapal di kapal tersebut telah meninggal. Panggilan tersebut pun diakhiri dengan sebuah kalimat cukup mengerikan. ‘Aku mati’ adalah kalimat terakhir yang diucapkan oleh si penelpon tersebut. Tidak hanya berhenti di situ saja, setelah kapal penyelamat datang, tidak ditemukan sama sekali adanya tanda-tanda kerusakan di kapal Ourang Medan, akan tetapi semua awak kapal dan seekor anjing ditemukan tewas dengan ekspresi wajah ketakutan. Bahkan, sebelum investigasi lanjutan dilakukan, kapal tersebut justru sudah meledak terlebih dahulu. Walaupun telah diyakini bahwa penyebab adanya tragedi buruk tersebut adalah karena adanya paparan nitrogliserin dan potasium sianida yang berlebihan dari muatan yang mereka bawa secara ilegal, tetapi masih ada banyak spekulasi yang mengaitkan kejadian tersebut dengan adanya aktivitas paranormal dan UFO.

Masih banyak lagi kapal hantu lainnya di dunia. Penasaran dengan misteri yang masih belum terungkap? Yuk dengerin Live Podcast Obrolan Misteri Hari Kamis, 28 April 2022 Jam 20.00 Wib. Download aplikasi RCTI+ di Google Play Store dan Apple App Store.

(dwk)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini