Share

Perjalanan Karier Dorce, Perjuangan Melawan Diabetes hingga Meninggal Dunia Terpapar Covid-19

Ajeng Wirachmi, Litbang Okezone · Rabu 16 Februari 2022 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 33 2548025 perjalanan-karier-dorce-perjuangan-melawan-diabetes-hingga-meninggal-dunia-terpapar-covid-19-EZPKDsjof7.jpg Dorce Gamalama. (Foto: Instagram)

DORCE Gamalama meninggal dunia pada hari ini, Rabu (16/2/2022) setelah terpapar Covid-19. Berikut perjalanan karier Dorce hingga berjuang melawan penyakit dan akhirnya meninggal. 

Salah satu sahabat kerabat Dorce, Hetty Soendjaya menyebutkan bahwa Dorce mengembuskan napas terakhir saat tengah melakukan perawatan di RSPP Simprug. Dirinya diketahui sudah 3 minggu dirawat. Sementara itu, belum diketahui secara pasti bagaimana proses pemakaman Dorce.

 dorce

Dorce Gamalama, atau yang akrab disapa Bunda Dorce, merupakan pesohor kelahiran Solok, Sumatera Barat pada 21 Juli 1963 ini telah malang melintang selama puluhan tahun di dunia hiburan Tanah Air. Film pertama yang ia bintangi, tayang di tahun 1898 dengan judul “Dorce Sok Akrab”. Tidak hanya membintangi film, Dorce juga dikenal sebagai presenter yang sangat piawai membawakan sebuah acara. Satu acaranya yang sangat sukses mengudara pada 2005 dengan nama “Dorce Show”. Lewat acaranya ini, ia dijuluki sebagai Oprah Winfrey milik Indonesia.

Sebelumnya, Dorce pernah masuk ke dapur rekaman dengan mengeluarkan lagu ‘Cintaku Kendur di Jalan’. Akan tetapi, lagunya itu kurang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Dirinya kemudian lebih nyaman menghibur masyarakat dengan menyanyikan berbagai lagu berbahasa asing seperti Belanda, Arab, India dan Prancis. Ia pun sangat fasih menyanyikannya.

Sejak masih duduk di bangku SD, Dorce sudah bergabung bersama kelompok vokal Bambang Brothers. Ketika beranjak ke sekolah menengah, ia baru mulai merasakan kecenderungannya sebagai wanita. Bahkan, ia lebih senang berpenampilan sebagai wanita ketika sedang manggung. Pemilik nama asli Dedi Yuliardi Ashadi ini mendapat panggilan ‘Dorce Ashadi’ ketika bergabung dengan Fantastic Dolls, sebuah kelompok tari waria. Baru kemudian di tahun 1983, ia mantap melakukan operasi kelamin di Surabaya.

Ada beberapa nama panggung yang pernah ia gunakan, sebelum akhirnya mematenkan nama Dorce Gamalama. Sederet nama itu adalah Dorce Manice, Dorce Urang Aring, dan Dorce Elkapeer. Dirinya pernah mendapat banyak sorotan masyarakat, ketika menambahkan namanya menjadi Dorce Gamalama Halimatussadiyah usai menjalankan ibadah haji.

Lama tak terdengar kabarnya, nama Dorce kembali menjadi perbincangan publik setelah ia diketahui mendapat perawatan di rumah sakit pada Oktober 2021 akibat penyakit diabetes yang ia derita. Usai seminggu dirawat, Dorce kembali kolaps dan harus menjalani perawatan lagi selama beberapa waktu, terhitung sejak 7 Oktober 2021, di rumah sakit di Bekasi. Kejadian serupa kembali berulang pada 24 Oktober 2021. Kondisi kesehatannya turun drastis, usai menghadiri acara penggalangan dana untuk dirinya di tanggal 23 Oktober 2021. Ia langsung dilarikan ke RSPP Jakarta Pusat dan mendapat bantuan dari Kementerian BUMN.

Selama sakit, Dorce memang diketahui banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Selain Kementerian BUMN, dan para sahabat-sahabatnya di dunia hiburan, bahkan Presiden Jokowi juga mengulurkan tangan untuk kesembuhan artis 58 tahun itu. Terbaru, Dorce meminta bantuan lagi kepada Presiden ke-5 RI sekaligus ketua PDIP, Megawati Soekarnoputri. Dia menyampaikan permohonannya itu melalui video, dan viral di sosial media.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini