Share

Oki Setiana Dewi Minta Maaf dan Klarifikasi Lengkap Usai Ceramahnya yang Dianggap Remehkan KDRT Viral

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Jum'at 04 Februari 2022 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 04 33 2542214 oki-setiana-dewi-minta-maaf-dan-klarifikasi-lengkap-usai-ceramahnya-yang-dianggap-remehkan-kdrt-viral-JsENG7rzxw.jpg Ceramah KDRT Oki Setiana Dewi viral di media sosial. (Foto: Instagram)

CERAMAH Oki Setiana Dewi yang dianggap meremehkan KDRT viral di media sosial. Artis sekaligus ustadzah ini minta maaf dan memberi klarifikasi lengkap.

Melalui akun Instagramnya, kakak dari Ria Ricis ini terlihat mengklarifikasi unggahan video yang beredar tersebut. Ia bahkan menyebut bahwa ceramah tersebut terjadi pada 2-3 tahun lalu di salah satu Masjid yang terletak di Magelang, Jawa Timur, dan mencoba meluruskan kesalahpahaman melalui sebuah video utuh tanpa dipotong.

"Assalamualaikum sahabat semua, kemarin saya mendapatkan pesan dari beberapa teman mengenai potongan ceramah saya 2 atau 3 tahun lalu. Di atas inilah videonya versi lebih panjang," tulis Oki membuat keterangan video di akun Instagramnya.

Dalam video tersebut, ibu empat anak itu tampak membicarakan materi ceramah terkait wanita yang bisa dengan mudah masuk ke dalam surga Allah SWT. Bukan hanya dengan menjalankan sholat lima waktu yang menjadi cara agar seorang wanita bisa masuk surga, tetapi juga puasa di bulan suci Ramadhan, taat patuh terhadap suami, dan menjaga kesetiaan serta harga diri.

Kendati demikian, Oki menyebut bahwa ada cukup banyak perempuan yang masuk ke dalam neraka. Hal tersebut terjadi lantaran mereka kerap mengungkit permasalahan rumah tangga saat bertengkar dengan suami, tanpa pernah melihat sisi kebaikan dari pasangannya.

"Kenapa kata Rasulullah banyak perempuan yang masuk ke dalam nerakanya Allah? Karena mereka, ketika melihat suaminya buat salah satu aja, istrinya mengatakan 'Suamiku, aku tidak pernah melihat kebaikan apapun dari dirimu'. Semuanya buruk, dan diungkit semua kesalahan yang lalu," ucapnya dalam video tersebut.

Hal itu membuat istri dari Ory Vitrio ini menceritakan sebuah kisah tentang perempuan asal Jeddah kepada khalayak yang hadir dalam kajian tersebut Oki menyebut bahwa perempuan asal Jeddah itu sengaja menutupi kekerasan yang dilakukan oleh suaminya di hadapan orang tuanya.

oki setiana dewi

Ia berusaha untuk memberi contoh perempuan yang akan dengan mudahnya meraih surga Allah SWT. Yakni menutupi satu keburukan suaminya, lantaran melihat masih banyak kebaikan lain yang dilakukan pasangannya selama pernikahan mereka.

Namun, video tersebut justru viral di sosial media baru-baru ini, lantaran Oki dituding melakukan normalisasi terhadap KDRT.

Lewat unggahannya, Oki terlihat mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang melayangkan kritik atas isi ceramahnya. Sebagai perempuan, dirinya pun mengaku jika ia sangat menolak adanya KDRT.

Melalui keterangan video, bintang film Ketika Cinta Bertasbih ini juga meminta maaf atas kesalahan dirinya dalam menyampaikan isi ceramah. Ia pun berharap agar kedepannya ia tak akan lagi mengulangi kesalahan yang sama.

"Terimakasih atas perhatian dan kasih sayangnya. Tentu saya sangat menolak kekerasan dalam rumah tangga. Mohon maaf lahir batin atas kesalahan dalam menyampaikan dan semoga Allah mengampuni saya dalam setiap kesalahan-kesalahan saya," paparnya.

"Mohon doa agar Allah membimbing setiap ucap hingga kedepannya mendatangkan maslahat. InsyaAllah saya akan terus belajar , memperbaiki diri dan menyampaikan dengan lebih baik kedepannya. Mohon bimbingan juga dari sahabat2 semua," harapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini