Share

Ceramah Oki Setiana Dewi soal KDRT Tuai Protes, Netizen: Memalukan!

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 03 Februari 2022 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 03 33 2541920 ceramah-oki-setiana-dewi-soal-kdrt-tuai-protes-netizen-memalukan-x7fJaztsJv.jpg Oki Setianana Dewi. (Foto: Instagram/@okisetianadewi)

JAKARTA - Nama Oki Setiana Dewi menempati posisi pertama trending topic Twitter, pada 3 Februari 2022. Ada 2.868 kicauan yang menggunakan namanya. 

Hal itu terjadi setelah kakak YouTuber Ria Ricis itu berceramah soal istri yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dia menyebut, istri dalam ceritanya itu menutupi aksi KDRT sang suami dari orangtuanya. 

Oki Setiana Dewi. (Foto: Instagram/@okisetianadewi)

"Perempuan terkadang suka enggak sesuai dengan kenyataan. Suka melebih-lebihkan cerita kalau lagi marah. Tapi istri ini malah menyimpan aib sendiri, sehingga makin cinta suaminya. Jadi tak perlulah cerita-cerita yang sekiranya bisa menjelekkan pasangan sendiri," ujarnya. 

Ceramah aktris Ketika Cinta Bertasbih itu kemudian menuai protes keras warganet di Twitter. Mereka menegaskan, aksi KDRT bukanlah aib, melainkan tindakan kriminal. 

Akun @maneukin mengatakan, "Oh, jadi secara tidak langsung dia mau bilang kalau korban KDRT harus diam untuk melindungi harga diri pria? Ya Tuhan, kau sangat memalukan! Korban berhak bicara dan kita harus mendengarkan mereka. Siapa yang peduli dengan harga diri pelaku KDRT?"

BACA JUGA: Curhat ke Oki Setiana Dewi, Ria Ricis Ngaku Diperlakukan Seperti Ratu oleh Teuku Ryan 

"Pada dasarnya Oki Setiana Dewi bilang dalam ceramahnya, 'Kalau dipukul suami, itu bukan kekerasan dalam rumah tangga. Itu aib rumah tangga dan kewajiban kamu sebagai istri untuk tidak membicarakannya!' Aduh kok misoginis gini," ujar akun @gracieux39tje. 

Akun @indonesiabagus7 menambahkan, "Oki Setiana Dewi seharusnya sadar bahwa kekerasan dalam bentuk apapun tidak dibenarkan dalam agama."

Oki Setiana Dewi. (Foto: Instagram/@okisetianadewi)

Berdasarkan video ceramahnya, Oki mengaku, membagikan kisah seorang perempuan di Jeddah, Arab Saudi. Perempuan itu ditampar suaminya hingga menangis. 

Namun tak lama, orangtua perempuan itu datang ke rumahnya dan kaget melihat mata putri mereka sembab dan pipi yang memar. Namun perempuan itu menutup fakta sebenarnya dari kedua orangtuanya dan membuat sang suami luluh.* 

BACA JUGA: Kasihan pada Ferry Irawan, Alasan Venna Melinda Majukan Tanggal Lamaran 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini