Belajar dari Squid Games, Menang Pertandingan Tak Cuma Urusan Fisik

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 14 206 2486480 belajar-dari-squid-games-menang-pertandingan-tak-cuma-urusan-fisik-ADfolrKNT0.jpeg Squid Game. (Foto: Netflix)

SQUID Game Korea Drama yang sedang pupuler dan digandrungi milenial. Ternyata di balik kisah drama ini mengajarkan banyak hal tentang kepemimpinan.

Penulis buku sekaligus trainer Poernama Prijatna pun membedah kisah drama Squid Game. Menurutnya, tontonan ini mengajarkan konsep kepemimpinan yang diajarkan di Negeri Ginseng.

Baca Juga: Pecah Rekor, Squid Game Tembus 111 Juta Penonton dalam 17 Hari

Ya, film yang dibintangi oleh Tim Seong Gi-Hun, Park Hae Soo, Jung Ho Yeaon, Kang Sae Byeok, dan juga Oh il Nam ini menceritakan mengenai permainan tarik tambang yang melibatkan 3 orang laki-laki dan 2 orang wanita.

 squid game

Meskipun dalam konsep awalnya, pemain tarik tambang yang diharapkan adalah 10 orang laki-laki yang memiliki fisik yang kuat, namun tak disangka, yang didapatkan hanyalah 5 orang laki-laki berfisik biasa, 1 lelaki tua, 1 lelaki kuat, dan 3 orang wanita, yang jelas-jelas meleset dari perkiraan Park Hae Soo," ujarnya lewat keterangannya.

Menurut Poernama, tim pemain game dalam drama tersebut tidak menyerah begitu saja. Karena yang diperlukan dalam pertandingan tersebut, bukan hanya sekadar fisik yang kuat saja, tapi juga butuh sebuah strategi yang cerdik untuk mengalahkan lawan.

"Bukan kekuatan fisik yang mampu menjadikan seseorang menjadi pemimpin, sekaligus pemenang. Namun strategi yang cerdas, dan kemampuan dalam mengorganisasi tim yang berada di bawah kepemimpinannya, yang menjadi nilai plus bagi seorang leader/pemimpin yang baik," terangnya.

Lebih lanjut, kata Poernama, Squid Games juga mengajarkan penonton agar tak menilai seseorang dari fisiknya saja. Namun hendaknya dinilai dari apa yang dilakukannya. Begitu juga setiap masalah, pasti ada solusi yang dipecahkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini