Sinopsis Dune: Perjalanan Memburu Rempah di Planet Arrakis

Dewi Aspara, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 13:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 206 2475701 sinopsis-dune-perjalanan-memburu-rempah-di-planet-arrakis-t7xHTwr0iF.jpg Sinopsis Dune, film Sci-Fi yang akan tayang pada 22 Oktober 2021. (Foto: Warner Bros)

LOS ANGELES - Film Dune sebenarnya bukan ‘barang baru’ di kalangan pencinta film. Sutradara Alejandro Jodorowsky pernah berniat menggarap novel karya Frank Herbert itu ke format layar kaca pada era ‘70-an. 

The Focus melaporkan, kala itu Jodorowsky berambisi menggaet selebriti papan atas dunia, seperti Mick Jagger, Orson Welles, dan Salvador Dali untuk membintangi Dune yang berdurasi 10 jam. Tak hanya itu, dia juga ingin Pink Floyd menggarap scoring film tersebut. 

Dune garapan sutradara David Lynch yang dirilis pada 1984.

Sayang, keinginan Alejandro Jodorowsky itu membuat takut para produser film. Namun setelah sang sutradara bertemu dengan Herbert, penggarapan film tersebut pun dibatalkan yang membuat Jodorowsky merugi USD2 juta atau setara Rp28,5 miliar. 

Pada 1985, David Lynch mencoba peruntungannya dengan merilis Dune, namun sayangnya performa film itu melempem di box office. Dengan biaya produksi mencapai USD40 juta, pendapatan film itu hanya sekitar USD30,9 juta. 

Kini, giliran Denis Villeneuve yang mencoba peruntungannya dengan menggarap film tersebut. Kisahnya tentang Baron Vladimir Harkonnen (Stellan Skarsgard) yang memerintahkan penjatuhan genosida demi mengamankan monopoli rempah-rempah di planet bernama Arrakis alias Dune.

Baca juga: Sutradara 'Dune' Ungkap Kekesalan pada Warner Bros

Baron kemudian mengundang Duke Leto Atreides (Oscar Isaac) untuk menjelajahi Arrakis. Dalam perjalanan itu, dia membawa serta kekasihnya, Lady Jessica (Rebecca Ferguson), putranya, dan kaki tangannya, Paul Atreides (Timothee Chalamet). 

Di planet gurun itulah, Baron dan rombongannya kemudian bertemu dengan Fremen, penduduk setempat. Inilah awal perjalanan heroik Paul bertahan hidup dan memperjuangkan House Atreides. 

Sinopsis Dune. (Foto: Warner Bros)

Untuk menghadirkan setting tahun 10191 dalam film tersebut, Villeneuve menghadirkan imajinasi visual, set menarik, serta lanskap yang epik. Dia memang orang baru di genre Sci-Fi, karena pernah menggarap Arrival (2016) dan Blade Runner 2049 (2017). 

Set dibangun dengan mengawinkan struktur bergaya Mesir dan Aztec Kuno. Sementara kostum ‘stillsuit’ yang dikenakan para aktornya dirancang dengan sistem daur ulang.

Tak hanya itu, Denis Villeneuve juga memasukkan humor dalam film ini lewat karakter Duncan Idaho, si ahli perang Atreides yang diperankan Jason Momoa. Meski terbilang kecil, namun jangan abaikan peran Oscar Isaac dan Zendaya dalam film ini.

Sinopsis Dune. (Foto: Warner Bros)

Sementara itu, film Dune akan mulai ditayangkan di box office global, termasuk China, pada 22 Oktober 2021. Pada hari bersamaan, film itu juga akan tayang di platform streaming digital HBO Max.*

Baca juga: Keluar dari Islam, Saif Ali Khan Klaim sebagai Penganut Agnostik

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini