Sutradara 'Dune' Ungkap Kekesalan pada Warner Bros

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 11 Desember 2020 16:55 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 11 206 2325967 sutradara-dune-ungkap-kekesalan-pada-warner-bros-ixjSmdyHt4.jpg Denis Vileneuve (Foto: Variety)

LOS ANGELES - Kekesalan tengah menyelimuti sutradara film Dune, Denis Villeneuve. Kekesalan Denis kali ini dialamatkan pada pihak Warner Bros.

Mengutip Just Jared, Jumat (11/12/2020) amarah Denis sebagai sutradara kepada pihak studio Warner Bros kali ini, diketahui menyangkut dengan rencana film yang ia garap, Dune direncanakan oleh Warner Bros akan dirilis di platform streaming HBO Max di hari yang sama dengan perilisan di bioskop konvensional.

Dari artikel yang ditulis Denis langsung di Variety, sutradara berusia 53 tahun tersebut mengaku ia mengetahui kabar film Dune akan dirilis di platform streaming berbayar itu bersamaan dengan peluncuran di bioskop justru dari membaca berita, sama seperti kebanyakan orang lainnya.

Baca Juga: Jake Gyllenhaal-Denis Villeneuve Bakal Kembali Bekerja Sama di Film Baru

 

“Saya baru tahu dari berita kalau Warner Bros. telah memutuskan untuk merilis Dune di HBO Max di waktu yang sama dengan jadwal tayang di bioskop, dengan memakai gambar prominent dari film kami untuk mempromosikan layanan streaming mereka,” tulis Denis.

Bahkan Denis menilai dengan cara seperti ini, industri dunia sinema tidak lagi dihargai sebagaimana mestinya.

“Dengan keputusan ini AT&T telah membajak salah satu studio paling terhormat dan penting dalam sejarah film. Sama sekali tidak ada cinta untuk sinema, atau untuk penonton di sini, ” tambahnya.

Keputusan pihak Warner Bros, dinilai Denis sebagai tanda jelas bahwa kolaborasi dirinya sebagai pembuat film dengan Warner Bros sebagai wadah bagi para pembuat film sudah tidak lagi berjalan dengan baik.

“Pembuatan film itu adalah kolaborasi, bergantung pada rasa saling percaya dari kerja tim. Dengan ini Warner Bros. telah menyatakan bahwa mereka tidak lagi berada di satu tim yang sama,” lanjut Denis.

Pria peraih nominasi Oscar untuk film Arrival tersebut menerangkan, ia tak bermaksud untuk mendekreditkan industri layanan streaming. Menurutnya, layanan streaming adalah tambahan yang positif dan kuat di ekosistem film dan televisi. Namun menurutnya, dari kacamata sutradara, streaming saja tidak cukup untuk bisa menyokong industri film seperti di masa sebelum pandemi.

 

Merujuk pada besarnya cakupan dan skala film Dune yang ia garap, Denis dengan tegas mengatakan keputusan pihak studio ini kemungkinan bisa ‘mematikan’ franchise film Dune itu sendiri.

“Dune sejauh ini adalah film terbaik yang pernah saya buat. Saya dan tim berdedikasi lebih dari tiga tahun dari hidup kami untuk mewujudkan pengalaman unik di layar lebar. Gambar dan audio film ini, secara teliti dirancang untuk dinikmati di bioskop. Keputusan Warner Bros. ini, berarti Dune tidak akan memiliki kesempatan untuk tampil secara finansial agar dapat bertahan dan pada akhirnya yang akan menang,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini