5 Lagu Daerah Jawa Barat Terpopuler yang Wajib Didengarkan

Lintang Tribuana, Jurnalis · Jum'at 13 Agustus 2021 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 13 205 2455209 5-lagu-daerah-jawa-barat-terpopuler-yang-wajib-didengarkan-BVBIFpJ4MI.jpg 5 Lagu Daerah Jawa Barat Terpopuler (Foto: Youtube Lagu Daerah Indonesia)

JAKARTA - Lagu daerah Jawa Barat memang dikenal asyik untuk didengarkan. Warna musiknya begitu kaya dengan iringan alat musik tradisional yang khas.

Selain itu, syair dan lirik lagu daerah khas Jawa Barat juga memiliki makna pesan atau nasihat untuk kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:

Viral Lagu Yamko Rambe Yamko Disebut Bukan dari Papua

Nyanyikan Lagu Daerah, Andmesh Bergoyang Gemu Fa Mi Re

5 Lagu Daerah Jawa Barat Terpopuler

 

Berikut ini kami hadirkan 5 lagu daerah terpopuler yang wajib Anda dengarkan.

1. Tokecang

Lagu Tokecang yang diciptakan oleh R.C Hardjosubroto ini memiliki kepanjangan dari tokek makan kacang. Dengan nuansa musik yang riang, lagu daerah ini menyampaikan pesan positif.

Tokecang menyampaikan arti berharga seseorang tidak serakah. Dalam kehidupan sehari-hari kita tak boleh egois dan harus mempedulikan orang lain di sekitar.

2. Manuk Dadali

Sambas Mangundikarta menciptakan nafas nasionalisme lewat lagu Manuk Dadali, yang artinya Burung Garuda. Lagu berbahasa Sunda yang satu ini juga dikenal hingga daerah luar Jawa Barat.

Manuk Dadali menggambarkan keperkasaan sang garuda sebagai lambang negara. Memiliki sifat kesatria, berani berkorban, dan saling menyayangi jadi hal yang patut ditanamkan dalam diri bangsa Indonesia.

3. Es Lilin

Lagu Es Lilin mengisahkan tentang kegelisahan seorang perempuan yang didekati pria terpandang. Kegelisahan ini adalah bentuk sikap waspada seorang gadis agar tak salah memilih sosok pendamping di masa mendatang.

4. Bubuy Bulan

Lagu daerah Jawa Barat juga menghadirkan kisah romantisme percintaan, seperti lagu Bubuy Bulan. Menceritakan tentang hati seseorang yang sedang jatuh cinta dan merindukan sang kekasih.

Sayangnya, sang kekasih jauh dan susah dijumpai. Di dalam terik matahari dan dinginnya malam, dia terus mencari sosok yang dicintainya itu.

5. Bajing Luncat

Dalam bahasa Indonesia, Bajing Luncat memiliki arti tupai melompat. Tetapi, isi lagu ciptaan Kosaman Djaja ini tak berkaitan dengan hewan, melainkan tentang kisah asmara.

Menceritakan tentang penyesalan seorang pria karena sang kekasih dalam waktu dekat akan dipinang oleh lelaki lain. Dia menyesal mengapa tak dari dulu mempersunting perempuan itu sebelum akhirnya didahulukan orang lain. (aln)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini