Share

Buntut Laporan Kartika Putri, Richard Lee Resmi Jadi Tersangka

Vania Ika Aldida, Okezone · Kamis 12 Agustus 2021 08:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 12 33 2454395 buntut-laporan-kartika-putri-richard-lee-resmi-jadi-tersangka-ngqzdHrb9X.jpg Richard Lee ditetapkan sebagai tersangka laporan Kartika Putri. (Foto: YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

JAKARTA - Dokter Richard Lee ditangkap secara paksa di kediaman pribadinya di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Agustus 2021. Penangkapan yang dilakukan pihak Polda Metro Jaya itu terjadi sekitar pukul 07.00 WIB. 

Penangkapan yang merupakan imbas dari laporan Kartika Putri itu berhasil membuat kesal Razman Arief Nasution, kuasa hukum sang dokter. Apalagi, pihak penyidik tak mengizinkan Richard untuk didampingi kuasa hukumnya. 

Kuasa hukum tak tahu keberadaan Richard Lee saat ini. (Foto: YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

“Langsung ada penangkapan, ada apa? Kalau dia menghina kepala negara, simbol negara, terorisme, berbahaya bagi negara, ya silakan. Itu pun ada kewajiban untuk memberikan hak-hak dia. Kok untuk klien saya tidak ada ya?” kata sang kuasa hukum. 

Razman mengaku, tak tahu keberadaan kliennya saat ini. “Pak Kapolri bagaimana? Seorang penyidik tidak memberi tahu mereka lewat jalur darat atau udara, tidak boleh didampingi oleh kuasa hukum. Saya tidak tahu dia di mana sekarang,” imbuhnya. 

Tak hanya itu, Richard juga disebut telah ditetapkan sebagai tersangka atas kasus pelanggaran Undang-Undang ITE yang dilaporkan oleh Kartika Putri. Akan tetapi, pihaknya mengaku sama sekali belum menerima surat putih yang memberitahu bahwa Richard telah ditetapkan sebagai tersangka. 

Baca juga: Dokter Richard Lee Dijemput Paksa, Istri: Suami Saya Bukan Pembunuh

Razman menambahkan, "Klien saya ini belum status tersangka. Belum ada pemberitahuan tersangka, baik kepada saya ataupun klien saya. Kok tiba-tiba dikasih surat ini, disebut tersangka. Di sini ditandatangani oleh Ditkrimsus.” 

Kuasa hukum tak tahu di mana keberadaan Richard Lee saat ini. (Foto: YouTube/dr. Richard Lee, MARS)

"Saya belum pernah terima langsung surat kuning ini tersangka, putihnya mana? Yang putih kan pemberitahuan, mana? Kalau dia dianggap melakukan kejahatan, atau melanggar apa yang sudah disita oleh kepolisian, panggillah dia baik-baik," tuturnya. 

Kartika Putri sempat melaporkan Richard Lee ke Polda Metro Jawa, pada 16 Desember 2020. Hal tersebut membuat sang dokter sempat datang ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Setelahnya, dokter Richard Lee melaporkan balik Kartika Putri ke Polres Sumsel.*

Baca juga: Salmafina Unggah Foto Masa Kecil, sang Ibu Dikira Ariel Tatum

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini