Kronologi Akun Melisa Idol Kena Hack, 4 Orang Tertipu Belasan Juta!

Adiyoga Priambodo, Jurnalis · Sabtu 10 Juli 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 10 33 2438531 kronologi-akun-melisa-idol-kena-hack-4-orang-tertipu-belasan-juta-WwKna7xXHP.jpeg Melisa Idol (Foto: Youtube Melisa)

JAKARTA - Pada Senin 5 Juli 2021 lalu, penyanyi cantik jebolan Indonesian Idol Special Season mengalami kejadian yang tak terduga yaitu peretasan akun Instagram. Melisa pun menceritakan peristiwa tersebut secara rinci di YouTube channel miliknya.

Melisa yang sedang santai di rumah tiba-tiba mendapat direct message Instagram dari kakak perempuannya. DM tersebut berisi pesan yang meminta Melisa untuk membuka suatu link. Melisa pun membuka link dan berusaha login Instagram untuk membantu kakaknya yang mengaku sedang mengikuti kontes foto.

Baca Juga:

Melisa dan Mark Idol Ungkap Cibiran Haters yang Bikin Down

Klarifikasi Melisa Hartanto Dilabeli Crazy Rich Surabaya

Melisa Idol

Melihat gaya bahasa yang mirip, Melisa tidak menaruh kecurigaan bahwa ternyata akun yang mengirimkan DM tersebut bukan kakaknya melainkan seorang hacker. Setelah login di website tersebut, Melisa menerima email dari Instagram bahwa ada seseorang yang berada di Pekanbaru sedang mencoba login ke akunnya.

Setelah mencoba me-reset password beberapa kali, Melisa akhirnya tidak dapat masuk ke akun Instagram-nya sendiri. Hal pertama yang dilakukan Melisa adalah memberitahu pihak manajemen yaitu Star Media Nusantara untuk membantunya mengembalikan akun. Selain itu ia juga meminta teman-teman dari Indonesian Idol untuk posting di Instagram bahwa akunnya disalahgunakan.

Pada saat itu Melisa berpikir bahwa hacker tersebut akan meminta bayaran untuk mengembalikan akunnya. Namun ternyata hacker juga melakukan penipuan dengan mengirim DM kepada teman-teman Melisa dan meminta uang. Lebih parahnya lagi, hacker sempat mengunggah story berjualan iPhone.

Hacker pun memposting story berjualan iPhone 12 Pro Max seharga Rp 11.750.470. Melihat harga miring, pengikut Melisa banyak yang tertarik. Sampai akhirnya beberapa orang terlanjur mentransfer uang tanpa mengetahui bahwa akun Melisa diretas.

“Dia memang benar-benar menyesuaikan gaya bahasa aku banget, sampai teman-temanku pun ketipu” tutur Melisa.

Melisa akhirnya meminta followers dan teman-teman yang tertipu untuk melapor dan menunjukkan bukti transfer untuk diproses ke pihak yang berwajib. Setelah diteliti rupanya ada 4 orang yang tertipu pembelian iPhone dan 2 orang yang tertipu modus peminjaman uang.

Hacker juga sempat meminta bayaran sebesar Rp 15.000.000 untuk mengembalikan akun Melisa, ia sampai menemukan nomor handphone Melisa dan menelponnya melalui aplikasi WhatsApp.

Melisa mengaku telah menyerahkan laporan tersebut pada pihak yang berwajib supaya pelaku dapat diadili. Yuk simak penjelasan lengkapnya hanya di YouTube channel Melisa Hart!

PT Suara Mas Abadi (SMA) dengan label Hits Records adalah perusahaan bergerak dalam bidang industri rekaman di bawah PT Star Media Nusantara (SMN) yang merupakan bagian dari PT MNC Studios International Tbk.

Hits Records memantapkan fokusnya kepada karya musik bergenre Pop, Folks, RnB, dll. Kesuksesan Hits Records dapat dilihat dari talenta-talenta yang dimiliki, seperti Andmesh Kamaleng, Mahalini Raharja, Nuca, Novia Bachmid, dll.

PT Suara Mas Abadi mengembangkan diri dengan membentuk divisi digital yang diberi nama StarHits dengan fokus untuk monetisasi aset digital MNC group, bekerjasama dengan banyak konten kreator untuk memproduksi konten yang bermutu.

StarHits juga ditunjuk oleh YouTube sebagai MCN (Multi Channel Network). Selain menyediakan layanan dalam pengelolaan konten, StarHits memiliki tujuan untuk mendistribusikan konten secara efektif ke seluruh platform media untuk meningkatkan jangkauan audiens, perlindungan konten atau hak cipta, & monetisasi konten.

Temukan kami di:

Website: https://www.starhits.id/

Facebook: https://www.facebook.com/starhitsidn

Twitter: https://twitter.com/Starhitsid

Instagram: https://www.instagram.com/starhitsid/

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini