Tak Hadiri Sidang Mediasi, Larissa Chou dan Alvin Faiz Bisa Gagal Bercerai

Vania Ika Aldida, Jurnalis · Kamis 03 Juni 2021 10:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 03 33 2419355 tak-hadiri-sidang-mediasi-larissa-chou-dan-alvin-faiz-bisa-gagal-bercerai-7XtorGUMU4.jpg Larissa Chou dan Alvin Faiz (Foto: Instagram/@alvin_411)

JAKARTA - Larissa Chou dan Alvin Faiz memilih untuk tidak hadir dalam sidang perceraian mereka yang digelar pada Rabu, 2 Juni 2021. Hal tersebut membuat Pengadilan Agama Cibinong, Jawa Barat, terpaksa menunda sidang mediasi hingga 9 Juni mendatang.

Ketidakhadiran keduanya dalam sidang bisa membuat keinginan Larissa untuk bercerai dari Alvin gagal terwujud. "Bisa (gugur gugatannya)," tutur Qomaru Zaman, Humas Pengadilan Agama Cibinong, Jawa Barat.

"Prinsip dalam Pasal 124 HIR, kalau pihak penggugat tidak hadir, (perceraian) bisa digugurkan (otomatis)," jelasnya.

Baca Juga:

- Pengadilan Tak Tahu Alasan Larissa Chou dan Alvin Faiz Absen dari Sidang Cerai

- Sidang Cerai Alvin Faiz dan Larissa Chou Ditunda Seminggu, Ini Penyebabnya

Pasal 124 Het Herziene Indonesisch Reglement (HIR) berbunyi, 'Jika penggugat tidak datang menghadap Pengadilan pada hari yang ditentukan itu, meskipun ia dipanggil dengan patut, atau tidak pula menyuruh orang lain menghadap mewakilinya, maka surat gugatannya dianggap gugur dan penggugat dihukum biaya perkara, akan tetapi Penggugat berhak memasukan gugatannya sekali lagi, sesudah membayar lebih dahulu biaya perkara yang tersebut tadi.'

Alvin Faiz dan Larissa Chou

Kendati demikian, Qomaru mengaku tidak bisa memastikan apakah gugatan perceraian Larissa terhadap Alvin benar batal atau tidak. Sebab, hal tersebut merupakan wewenang dari majelis hakim.

"Tergantung kebijakan majelis hakim. Biasanya dua kali (absen sidang batal)," terangnya lagi.

Sementara itu, pihak Pengadilan Agama Cibinong mengaku belum menerima alasan pasti mengapa Larissa dan Alvin memilih untuk mangkir. Padahal, surat panggilan untuk menjalani sidang telah dikirim kepada yang bersangkutan.

Alvin Faiz dan Larissa Chou

"(Surat panggilan) sudah disampaikan kepada yang bersangkutan, pihak penggugat dan tergugat. Dan sampai saat ini belum tahu apa kabarnya, apakah ada halangan atau tidak belum ada beritanya," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini