Raditya Dika: Bekerjalah dengan Cerdas Hingga Tetangga Mengira Kamu Memelihara Babi Ngepet

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 29 April 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 29 33 2402939 raditya-dika-bekerjalah-dengan-cerdas-hingga-tetangga-mengira-kamu-memelihara-babi-ngepet-JQeuoctNxJ.jpg Raditya Dika (Foto: IG Raditya Dika)

JAKARTA - Isu babi ngepet yang tengah menghebohkan Indonesia turut menyita perhatian YouTuber Raditya Dika.

Sebelumnya, Warga Sawangan Depok RT 002, RW 004, Kelurahan Bedahan dikejutkan dengan temuan seekor babi yang diduga sebagai babi ngepet. Meski banyak yang meyakini babi itu merupakan hewan jelmaan, tidak ada hal yang aneh dari perilaku dan tampilannya.

Bahkan, Kapolsek Sawangan, AKP Rio Mikael Tobing menegaskan babi tersebut merupakan jenis babi hutan biasa setelah melakukan pengecekan secara langsung ke lokasi temuan.

Baca Juga:

Raditya Dika Kirim Doa untuk Kesembuhan Ashanty

Tanya Ashanty Soal Cara Besarkan Anak, Raditya Dika Diingatkan Soal Ini

Raditya Dika


Ironisnya, isu babi ngepet ini sempat memanas ketika salah seorang warga mengklaim babi ngepet tersebut merupakan jelmaan tetangganya yang pengangguran. Tudingan itu muncul lantaran si tetangga memiliki kemampuan finansial yang menurutnya tidak wajar.

Meski pada akhirnya, ia melayangkan permintaan maaf karena tudingannya tidak memiliki bukti pendukung, dan hanya sekadar asumsi belaka, namun isu itu telah menyita perhatian banyak lapisan masyarakat. Tak terkecuali Raditya Dika.

Dalam postingannya di Instagram, Raditya Dika menuliskan sederet kritikan tajam bernuansa sarkastik buntut dari isu babi ngepet yang sampai detik ini masih hangat diperbincangkan.

Sebagai pembuka, Raditya Dika menjelaskan tentang tren Gig Economy yang tengah digandrungi oleh generasi millennial.

"Zaman sudah berubah. Orang dari rumah aja bisa kok punya uang. 'Gig Economy' adalah pola kerja baru di mana orang ga perlu ngantor tapi cukup menukar keahlian mereka dengan uang," tulisnya.

Raditya Dika kemudian memberikan beberapa contoh paling sederhana dari fenomena Gig Economy.

"Ada yang jadi ilustrator freelance, kliennya dari luar negeri. Ada yang jadi konsultan, modal zoom meeting seharian. Ada yang jadi makelar, tinggal hubungi pembeli dan penjual. Ada yang jadi YouTuber. Ada yang trading saham," ungkapnya.

Terakhir, Raditya Dika berpesan kepada masyarakat Indonesia untuk tidak menutup mata dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat.

"Teknologilah yang membuat semua itu terjadi. Bekerjalah dengan cerdas sampai tetanggamu mengira kamu memelihara babi ngepet," tutupnya.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini