Mia Neal dan Jamika Wilson Jadi Penata Rambut dan Rias Perempuan Afro-Amerika Pertama yang Raih Oscar

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 26 April 2021 11:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 26 206 2400778 mia-neal-dan-jamika-wilson-jadi-penata-rambut-dan-rias-perempuan-afro-amerika-pertama-yang-raih-oscar-0dKoSRNLQr.JPG Mia Neal, Jamika Wilson dan Sergio Lopez-Rivera (Foto: Chris Pizzello/Reuters)

LOS ANGELES - Perhelatan Piala Oscar 2021 sudah selesai digelar, Senin (26/4/2021) di Union Station, Los Angeles. Beberapa sineas film pun berhasil membawa pulang piala ajang bergengsi tersebut.

Film Ma Rainey's Black Bottom misalnya berhasil meraih piala dalam kategori Best Costume dan Makeup and Hairstyle lewat krunya, Sergio Lopez-Rivera, Mia Neal dan Jamila Wilson.

Melansir laman Variety, Senin (26/4/2021) menariknya lagi Mia Neal dan Jamila Wilson perempuan Afro-Amerika pertama yang meraih Piala Oscar lewat kategori Best Costume dan Makeup and Hairstyle.

Baca Juga:

Daniel Kaluuya Raih Oscar Perdana Lewat Film Judas and The Black Messiah

Prediksi Pemenang Oscars Berdasarkan Ilmu Matematika

Mia Neal, Jamika Wilson and Sergio Lopez-Rivera

Mereka merupakan penata rambut pribadi untuk Viola Davis. Sementara Sergio Lopez-Rivera adalahpenata rias pribadi.

Mereka mampu mengalahkan Mark Coulier, Dalia Colli dan Francesco Pegoretti untuk “Pinocchio”; Marese Langan “Emma”, Laura Allen dan Claudia Stolze; Kimberley Spiteri, Gigi Williams dan Colleen LaBaff untuk “Mank”; dan "Hillbilly Elegy's" Eryn Krueger Mekash, Patricia Dehaney dan Matthew Mungle.

Dalam pidatonya Neal menceritakan sosok kalanya, James Holland yang mewakili Amerika di pertandingan Pan An pertama. Meskipun demikian sang kakak sempat mengalami ketidakadilan lantaran warna kulitnya.

"Dia pergi ke Argentina dia bertemu Evita, dia lulus dari Universitas Northwestern pada saat mereka tidak mengizinkan orang kulit hitam untuk tinggal di kampus, jadi dia tinggal di YMCA. Dan setelah semua prestasinya dia kembali ke kampung halamannya dengan harapan bisa menjadi seorang guru," kata Neal.

Kendati demikian, Neal pun kini berterimakasih kepada para leluhurnya yang tak pernah menyerah memperjuangkan hak-hak keturunan Afro-Amerika.

"Tapi mereka tidak mempekerjakan orang kulit hitam dalam sistem sekolah. Jadi saya ingin mengucapkan terima kasih kepada leluhur kami yang telah memberikan pekerjaan, ditolak, tetapi tidak pernah menyerah. Dan saya juga berdiri di sini saat Jamika dan saya memecahkan langit-langit kaca ini dengan begitu banyak kegembiraan untuk masa depan," imbuhnya.

Untuk diketahui, film Ma Rainey's Black Bottom menceritakan kisah Ma Rainey (Davis) pada saat segregasi dan penindasan rasial tersebar luas di Amerika. Film ini juga dibintangi oleh aktor Black Panther, Chadwick Boseman's.

(aln)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini