Rekomendasi Film Bertema Perang yang Diangkat dari Kisah Nyata

Yulianita, Jurnalis · Minggu 13 Desember 2020 19:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 13 206 2326822 rekomendasi-film-bertema-perang-yang-diangkat-dari-kisah-nyata-8Oi7rIPFnA.jpg Poster Film Pearl Harbor yang Rilis pada 2001 (Foto: Touchstone Pictures)

JAKARTA - Perang Dunia meninggalkan banyak cerita, baik yang tercatat dalam sejarah maupun tidak. Hingga kini, banyak sutradara mengangkat cerita di balik perang dunia ke layar lebar. Dengan kisah-kisah pemanis tambahan sebagai bumbu, film-film tersebut mencuri perhatian penonton dan menjadi favorit.

Berikut Okezone membuat daftar film bertema perang diangkat dari kisah nyata, yang bisa Anda pakai sebagai rekomendasi akhir pekan:

1. 1917 (2019)

Film ini menceritakan tentang gambaran Perang Dunia I yang dihadapi oleh pasukan Inggris. Dua tentara muda Inggris mengemban misi sulit untuk mengakhiri perang dan menyampaikan pesan kepada pasukan lainnya yang berada di seberang perbatasan untuk membatalkan misi.

1917

Film yang disutradarai oleh Sam Mendes ini mampu membuat penonton terharu lewat berbagai adegan, salah satunya saat para tentara menyanyikan lagu kerinduannya kepada keluarga. Persahabatan antara Schofield dan Blake menjadi daya tarik lain yang mengoyak penonton 1917.

2. Ayla: The Daughter of War (2017)

Seorang tentara Turki bernama Suleyman bertemu dengan gadis kecil berdarah Korea yang sedang duduk di samping mayat kedua orangtuanya di medan perang. Suleyman lantas menamai gadis itu Ayla dan merawatnya selama beberapa bulan, sebelum dirinya diharuskan kembali ke Turki. Saat tiba waktunya untuk pergi, Suleyman berjanji akan kembali menemui Ayla.

Ayla: The Daughter of War

Di kehidupan nyata, seorang Jurnalis berhasil mempertemukan kembali Ayla (Kim Eun Ja) dengan Suleyman setelah berpisah selama 60 tahun. Pertemuan di tahun 2010 itu diiringi tangis haru kerinduan keduanya.

3. Saving Private Ryan (1998)

Film ini mengambi setting Perang Dunia II. Sesuai dengan judulnya, Saving Private Ryan menceritakan tentang penyelamatan seorang prajurit bernama Ryan pada Perang Dunia II.

Saving Private Ryan

Film ini sukses memberikan gambaran perang yang sangat nyata bagi para veteran perang Amerika. Mereka menilai Saving Private Ryan mampu membangkitkan kembali memori pahit yang terjadi di medan perang dulu.

4. Pearl Harbor (2001)

Tak akan lengkap membuat daftar film perang dari kisah nyata tanpa menyebut Pearl Harbor. Film ini terinspirasi dari tragedi bom di pangkalan militer Amerika Serikat di Hawaii oleh pasukan Jepang. Serangan tersebut mengakibatkan kerugian tak ternilai hingga menewaskan ratusan tentara dan warga sipil Amerika Serikat. Selain itu, sutradara Michael Bay menambahkan kisah romantis yang terjadi sebelum dan sesudah serangan bom dari Jepang sebagai bumbu pemanis.

Pearl Harbor

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini