Merantau ke AS, Chef Juna Sempat Jadi Pemulung

Lintang Tribuana, Jurnalis · Senin 02 November 2020 21:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 33 2303038 merantau-ke-as-chef-juna-sempat-jadi-pemulung-wSOjbJNNMI.jpg Chef Juna Rorimpandey. (Foto: Instagram/@junarorimpandeyofficial)

JAKARTA - Juna Rorimpandey mengisahkan perjuangannya saat merantau ke Amerika Serikat. Dia mengaku, hijrah ke Negeri Paman Sam tersebut untuk mengambil sekolah pilot. 

Sayang, keinginannya menuntut ilmu tak berjalan mulus. Ketika krisis moneter menerpa Indonesia pada 1998, keluarga tak mampu lagi membiayai sekolah dan kehidupan Juna di Amerika Serikat. 

Chef Juna. (Foto: Instagram/@junarorimpandeyofficial)

Namun, Chef Juna yang saat itu masih berusia 22 tahun menolak pulang ke Indonesia. Dia memilih bertahan di sana, hidup satu apartemen bersama delapan temannya. 

Untuk bertahan hidup, dia mulai mengumpulkan puntung rokok di tong sampah dan uang koin yang terjatuh di jalanan. Uang hasil memulung itu kemudian akan dibelikannya makan cepat saji dengan paket hemat. 

"Jadi setiap kali mau makan ya gue tukar itu sampah dengan burger paket hemat," tuturnya seperti dikutip dari channel YouTube Deddy Corbuzier, pada Senin (2/11/2020).

Baca juga: Chef Juna Jawab Tudingan Penyuka Sesama Jenis 

Tak hanya memulung, Chef Juna Rorimpandey juga melakoni berbagai pekerjaan kasar demi bertahan hidup. Namun kehidupannya mulai berubah, ketika dia bekerja sebagai pelayan di sebuah restoran Jepang. 

Chef Juna. (Foto: Instagram/@junarorimpandeyofficial)

Ketekunannya dalam bekerja, mendatangkan kesempatan untuk training menjadi koki magang. Setelah 4,5 tahun, Chef Juna dipercaya menjadi sushi head chef di restoran tersebut. 

Hal itulah yang kemudian membuka kariernya sebagai chef ternama di Tanah Air, meski tak pernah menempuh pendidikan resmi di bidang masak memasak.*

Baca juga: Mobil Dibajak, Aktor Hollywood Eddie Hassell Tewas Tertembak 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini