Pengacara Terdakwa Sengketa Tanah Mat Solar Bicara soal Penggelapan Rp254 Juta

Lintang Tribuana, Jurnalis · Sabtu 10 Oktober 2020 14:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 10 33 2291506 pengacara-terdakwa-sengketa-tanah-mat-solar-bicara-soal-penggelapan-rp254-juta-obwCChYrYH.jpg Mat Solar (Foto: Instagram/@idhamaulia)

JAKARTA - Kasus sengketa tanah aktor senior Mat Solar makin memanas. Dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Tangerang pada 8 Oktober 2020, terdakwa Muhammad Idris dinyatakan terbukti melakukan penggelapan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Pada intinya jaksa tetap pada surat tuntutan yang sebelumnya yang suda di bacakan bahwa Haji Idris terbukti melakukan tindak pidana penggelapan," kata Abdul Salam, kuasa hukum Idris dalam tayangan Starpro, 9 Oktober 2020.

Mat Solar

Idris dituding menggelapkan uang Rp 254juta milik Mat Solar. Sang kuasa hukum berdalih bahwa uang tersebut bukan uang tanah milik aktor 57 tahun itu, dan sudah diserahkan pada Herman, yang saat itu dianggap sebagai pemilik tanah.

"Terkait penggelapan uang Rp254 juta, itu bukan uang ganti rugi tanah milik Mat Solar, tapi ganti rugi tanah milik Herman," kata Abdul.

Baca Juga:

- Mat Solar Terlibat Sengketa Tanah Rp3 Miliar, Begini Duduk Perkaranya

- Video Seks dengan Ariel NOAH Tersebar, Luna Maya: Mau Mati Rasanya

"Haji Idris dimintai tolong oleh Herman, disaksikan orang kelurahan untuk mencairkan uang ganti rugi tanah 51 meter itu. Uang itu sudah diserahkan pada saksi Herman dan diterima dengan baik," sambungnya.

Karena itu, kuasa hukum Idris yakin kliennya tak bersalah, apalagi tak ada bukti kuat. Sidang selanjutnya akan digelar pada Selasa, 13 Oktober 2020.

Sengketa ini bermula ketika Idris menjual tanah kepada Rusli dan tahun 2004 dijual ke Herman seluas 51 meter persegi. Kemudian, pada tahun 2008 baru dijual ke Mat Solar oleh Herman.

Setelah dijual, Idris mengaku tak pernah memegang surat Akta Jual Tanah yang seharusnya dibuat oleh Mat Solar. Masalah kemudian muncul ketika tanah akan dibeli pemerintah untuk pelebaran jalan tol. Namun, yang dapat mencairkan pihak Idris, lantaran Mat Solar tidak memiliki surat resmi.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini