Outfit Jennie BLACKPINK di MV Lovesick Girls Jadi Kontroversi, YG Buka Suara

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 06 Oktober 2020 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 06 205 2289080 outfit-jennie-blackpink-di-mv-lovesick-girls-jadi-kontroversi-yg-buka-suara-b1UE2UQYft.jpg Jennie Blackpink (Foto: Soompi)

SEOUL - Kontroversi mengenai outfit seragam perawat yang dikenakan Jennie di music video lagu terbaru BLACKPINK, Lovesick Girls masih terus bergulir.

Hingga pada Senin Oktober kemarin, Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea ( diketahui melayangkan teguran kepada YG Entertainment mengenai masalah tersebut. Korean Health and Medical Worker’s Union mengemukakan lewat penampilan Jennie dengan outfit perawat tersebut, telah berkontribusi terhadap penggambaran yang menyimpang tentang profesi perawat.

Dalam pernyataan resminya, Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea menilai, dengan rok pendek yang ketat dan sepatu hak tinggi yang dipakai Jennie, yang mana sangat berbeda dengan seragam yang dipakai para perawat sungguhan di dunia nyata.

YG dinilai telah secara langsung menampilkan stereotip seksual dan mengobjektifikasi secara seksual gambaran seorang perawat dalam video klip tersebut.

 

Baca Juga: BLACKPINK Siap Jadi Bintang Tamu di Knowing Brothers

“Perempuan dalam profesi ini telah menjadi sasaran objektifikasi seksual dengan imej merendahkan yang mengungkapkan keraguan tentang profesionalisme para perawat. YG Entertainment secara seksual mengobjektifkan imej perawat dalam video musik BLACKPINK. Lebih lanjut, perawat merupakan tenaga kesehatan yang paling sering mengalami pelecehan seksual. Jika media terus menampilkan citra perawat yang terdistorsi, situasi seperti ini hanya akan bertambah buruk,” penggalan bunyi pernyataan Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea.

Maka dari itu, Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea pun meminta YG Entertainment untuk mengambil tindakan.

“Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea secara tegas menentang objektifikasi seksual terhadap perempuan dan perawat. Karena lagu baru BLACKPINK menduduki peringkat tinggi di tangga lagu global, kami meminta YG Entertainment untuk mengambil tindakan yang bertanggung jawab,” tegas Serikat Pekerja Kesehatan dan Medis Korea.

Merespon teguran tersebut, hari ini akhirnya YG Entertainment selaku agensi BLACKPINK buka suara. Di pernyataan resminya, YG mengklarifikasi bahwa tidak ada unsur kesengajaan untuk menampilkan imej yang keliru mengenai perawat.

YG menyebutkan, Jennie memakai seragam perawat dalam adegan suster-dokter untuk mewakili salah satu penggalan lirik yang dinyanyikan.

“Pertama, kami mengungkapkan rasa hormat kami yang dalam kepada perawat yang selalu berada di sisi pasien dan berjuang di garis depan. Dalam video klip tersebut, adegan dengan perawat dan pasien mencerminkan lirik, ‘Tidak ada dokter yang bisa membantu saat saya mabuk cinta’ Tidak ada niat khusus untuk itu, tetapi kami peduli soal tanggapan tentang imej yang menyimpang,” kata YG Entertainment.

Menindaklanjuti isu ini, seperti dilapor Soompi, Selasa (6/10/2020) YG akhirnya menjelaskan sekarang tim produksi tengah berdiskusi apakah adegan tersebut akan diedit untuk dihilangkan.

 

“Kami meminta Anda untuk menganggap video musik sebagai genre seni yang independen, dan kami akan sangat menghargai jika Anda dapat memahami bahwa setiap adegan dibuat dengan tidak ada tujuan lain, selain untuk mengekspresikan musiknya. Tim produksi saat ini sedang mempertimbangkan dan mendiskusikan apakah adegan tersebut harus diedit,” tutup YG.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini