RCTI Tegaskan Gugatan ke MK Bukan soal Live Streaming di Media Sosial

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Senin 31 Agustus 2020 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 31 598 2270473 rcti-tegaskan-gugatan-ke-mk-bukan-soal-live-streaming-di-media-sosial-NHVaIzHcvj.jpg Dini Putri, Direktur Program dan Akuisi RCTI (Foto: YouTube Deddy Corbuzier)

JAKARTA - Deddy Corbuzier ikut penasaran mengenai gugatan RCTI dan iNews ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan tersebut dinilai membuat seorang individu yang melakukan live streaming di media sosial harus mendapatkan izin.

Ia pun mengundang pihak RCTI yang diwakili oleh Direktur Legal MNC Media, Chris Taufik dan Direktur Program dan Akuisisi RCTI, Dini Putri di channel YouTube-nya pada Minggu, 30 Agustus 2020.

Dini Putri

Dalam video tersebut Dini menegaskan gugatan RCTI dan iNews ke MK tak ada hubungannya sama sekali dengan live streaming di media sosial termasuk Instagram, Facebook dan YouTube.

"Larangan si content creator streaming itu enggak ada. Kita malah bingung ini ramai apa sih, karena memang di luar hal yang dibicarakan," kata Dini.

Baca Juga:

- Gugatan RCTI & iNews Terkait UU Penyiaran ke MK Selamatkan Content Creator

- Unggah Pose Kenakan Bikini, Adele Banjir Kritikan

Dini menambahkan yang diajukan pihaknya adalah tentang regulasi atau Undang-Undang Penyiaran. Pasalnya, mereka menilai ada kesenjangan antara regulasi TV konvensional dan platform OTT (over-the-top).

Dini Putri di Poscast Deddy Corbuzier

"Bukan nantinya kita ngajarin gimana (regulasi yang tepat). Tapi kita menegaskan harus di regulate karena ini kan media digital sesuatu yang baru tapi harus ada regulasinya," ungkapnya.

Dini menambahkan apa yang dilakukan RCTI bukan untuk membatasi kreativitas content creator. Apalagi televisi swasta pertama di Indonesia itu sendiri menaungi sejumlah content creator.

(LID)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini