7 Aktor Indonesia yang Pernah Memerankan Presiden Soekarno

Evan Oktavianus, Jurnalis · Senin 17 Agustus 2020 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 17 206 2263361 7-aktor-indonesia-yang-pernah-memerankan-presiden-soekarno-gdiKeaikfG.jpg Baim Wong (Foto: Kemendikbud dalam film Ketika Bung di Ende )

JAKARTA - Bung Karno, sapaan akrab dari presiden pertama Indonesia ini merupakan orang yang sangat berjasa dalam kemerdekaan Indonesia. Perjuangannya bersama dengan Moh. Hatta untuk membangkitkan semangat Indonesia dan bisa memproklamasikan kemerdekaan merupakan hal yang tak terbayarkan.

Dengan perjuangan yang tak terbayarkan tersebut, perjuangan Soekarno sering diangkat menjadi cerita film di Indonesia. Dan pastinya, ada aktor yang memerankan tokoh presiden pertama Republik Indonesia ini.

Baca Juga:

Sinopsis Film Soekarno, Perjuangan Bapak Bangsa Merebut Kemerdekaan

Melihat Lagi Peran Soekarno dalam Melahirkan Pancasila 


Okezone merangkum 7 aktor yang pernah memerankan tokoh Presiden Soekarno, berikut daftarnya:

1. Umar Kayam

 Umar Kayam

Almarhum Umar Kayam direkrut oleh sutradara Arifin C. Noer untuk menjadi Presiden Soekarno dalam 2 film Arifin yang terkenal yakni Pengkhianatan F30-S/PKI pada tahun 1984, dan film Djakarta 1966. Meskipun secara fisik, Umar tidak terlalu mirip dengan Soekarno, tetapi ia dapat membawakan peran Soekarno dengan cukup baik.

2. Soultan Saladin

 Soultan Saladin

Soultan Saladin pun pernah berkesempatan tampil sebagai Soekarno di film Gie (2005) dibawah arahan sutradara Riri Riza. Dalam film tersebut, saat itu aktor senior ini beradu akting dengan para bintang film muda berbakat seperti Nicholas Saputra, Wulan Guritno, Lukman Sardi.

3. Imam Wibowo

Imam Wibowo

Film Soegija karya Garin Nugroho, merupakan film dimana Imam Wibowo memerankan tokoh presiden Soekarno. Tidak hanya itu, Imam juga memerankan Soekarno di film Ruma Maida dan Sang Kiai.

4. Tio Pakusadewo

 Tio Pakusadewo

Aktor senior Tio Pakusadewo memerankan Soekarno hanya sekali, yakni di film Pantja Sila: Cita-Cita & Realita. Tio sempat mengungkapkan bahwa saat ia memerankan Soekarno, itu merupakan suatu beban yang berat, namun juga membanggakan. Film tersebut tayang di bioskop pada tahun 2016 lalu.

Baca Juga:

5 Film Perjuangan Kemerdekaan Indonesia, Cocok Jadi Tontonan saat 17-an

Raisa, Tiara, Lyodra hingga Nowela Tampil Virtual di Peringatan Detik-Detik Proklamasi

5. Baim Wong

 Baim Wong

Baim Wong sudah memerankan karakter Soekarno dalam film sebanyak dua kali, yakni pada film Ketika Bung di Ende yang tayang di TVRI tahun 2013 lalu, dan juga di film Jenderal Soedirman tahun 2013 lalu.

6. Ario Bayu

 Ario Bayu

Ario Bayu tampil sebagai Soekarno pada film Soekarno: Indonesia Merdeka pada tahun 2013. Ini juga merupakan satu-satunya film karakter Soekarno yang menjadi pemeran utamanya. Namun, kabarnya akting Ario Bayu sebagai Soekarno banyak mendapat kritik negatif. Pasalnya, nama Anjasmara yang menjadi saingan Ario sebelum mendapatkan peran tersebut dikatakan lebih cocok memerankan Soekarno.

Baca Juga:

4 Sensasi Shafa Harris dan Bastian Steel sebelum Putus

Daftar Aktor Berpenghasilan Tertinggi, Jackie Chan di Peringkat 10

7. Anjasmara

 Anjasmara

Berbeda dengan pemeran Soekarno lainnya, Anjasmara punya hubungan cukup dekat dengan keluarga Bung Karno. Pria yang akrab disapa Anjas ini adalah anak tiri Rachmawati Soekarnoputri, salah seorang putri dari Bung Karno. Anjas pun termasuk aktor yang paling sering memerankan Bung Karno.

Setidaknya tiga kali suami dari Dian Nitami ini membawakan peran Bung Karno. Yang pertama, di sebuah FTV yang disutradarai Garin Nugroho dan ikut dibintangi David Chalik sebagai pemeran Bung Hatta. Yang kedua, Anjas tampil dalam sebuah pertunjukkan wayang di tahun 2011 sebagai Bung Karno. Setahun kemudian, Anjas kembali berperan sebagai Bung Karno di sebuah panggung teater.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini