5 Lagu Bertema Nasionalisme, Bangkitkan Rasa Cinta pada Indonesia

Lintang Tribuana, Jurnalis · Sabtu 15 Agustus 2020 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 15 205 2262664 5-lagu-bertema-nasionalisme-bangkitkan-rasa-cinta-pada-indonesia-I06I2rO59c.jpg Sherina Munaf (Foto: Okezone)

JAKARTA - Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini mungkin akan berbeda karena adanya pandemi covid-19. Namun, perayaan masih bisa berjalan meriah dengan kehadiran musik.

Banyak lagu Indonesia bertema nasionalisme yang nikmat didengarkan saat momen perayaan kemerdekaan. Tentunya semakin menambah rasa cinta kita pada Indonesia.

Baca Juga:

Kesehatan Nani Wijaya Menurun Usai Ditinggal Pergi Suami

Miley Cyrus Ungkap Serahkan Keperawanan pada Liam Hemsworth saat Masih 16 Tahun

Berikut ini Okezone rangkum 5 lagu bertema nasionalisme yang mampu membangkitkan rasa cinta pada Indonesia.

1. Indonesia Satu - Kotak

 Aksi Panggung Band Kotak di Jakarta Muharram Festival 2019

Band beraliran rock satu ini memang jago menghadirkan karya yang menggugah rasa para pendengarnya. Salah satunya adalah lagu Indonesia Satu.

Lagu yang masuk dalam album Never Dies ini mengajak bangsa Indonesia untuk bersatu. Sesuai dengan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang bermakna berbeda-beda tetapi tetap satu jua.

2. Garuda di Dadaku - Netral

 NTRL

Netral berhasil mengguncang rasa nasionalisme lewat lagu Garuda di Dadaku. Lagu ini merupakan soundtrack film dengan judul serupa yang dirilis pada tahun 2009.

Dengan warna musik yang bergelora, Garuda di Dadaku sering dinyanyikan para penonton saat timnas beraksi. Garuda yang merupakan lambang negara Indonesia dinilai sebagai simbol kebanggan dan keyakinan untuk menang.

3. Dari Mata sang Garuda - Pee Wee Gaskins

 Pee Wee Gaskin

Pee Wee Gaskins membawa semangat baru lewat lagu Dari Mata sang Garuda yang dirilis pada 2010. Dengan musik khasnya, mereka menyampaikan pesan agar bangsa Indonesia tak mudah menyerah dan cepat bangkit dari keterpurukan.

4. Bendera - Cokelat

 Band Cokelat

Lagu Bendera yang dipopulerkan Cokelat ini seolah seperti lagu wajib yang harus dilantunkan dalam perayaan kemerdekaan setiap tahun. Liriknya yang bersemangat sangat pas dengan semangat perjuangan rakyat menjaga keutuhan Indonesia.

5. Ayo! Indonesia Bisa - Sherina feat Marcello Tahitoe

 Perankan Anggini di Wiro Sableng, Comeback Sherina Munaf di Layar Lebar

Lagu ini menjadi soundtrack Sea Games 2011. Menggambarkan tentang rasa optimis bahwa Indonesia mampu menang, tak kalah dari peserta negara lainnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini