4 Pernyataan Kontroversi Jerinx SID soal Covid-19

Lintang Tribuana, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2020 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 12 33 2261179 4-pernyataan-kontroversi-jerinx-sid-soal-covid-19-hedSqbdjhd.jpg Jerinx SID (Foto: IG Jerinx)

JAKARTA - Jerinx kini resmi menjadi tersangka atas kasus pencemaran nama baik dan ujaran kebencian terkait laporan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Drummer Superman is Dead itu pun langsung ditahan oleh Polda Bali pada Rabu (12/8/2020).

Selama pandemi covid-19 merebak di Tanah Air, sosok Jerinx memang mendadak jadi sorotan. Pernyataannya di media sosial kerap mengundang pro dan kontra dari publik.

Baca Juga:

Resmi Tersangka, Jerinx Terancam 6 Tahun Penjara

Jerinx Ditahan, Bobby SID: Kebenaran Akan Menang

Jerinx SID


Berikut ini Okezone rangkum 4 pernyataan kontroversi Jerinx terkait Covid-19.

1. Sebut Covid-19 adalah Skema Bisnis

Hal pertama yang membuat sosok Jerinx kontroversial adalah terkait pernyataannya yang mengaitkan covid-19 dengan teori konspirasi. Dia yakin bahwa pandemi itu merupakan skema bisnis dari WHO dan Bill Gates.

"Masih belum percaya jika COVID-19 ini skema bisnis? Masih mikir WHO dan Gates bertujuan mulia? Buka matamu Indonesia! Kalau dijajah jangan diam saja!" ungkap Jerinx seperti dikutip dari Instagram, pada 22 Mei 2020.

2. Siap Disuntik Virus Corona

Percaya bahwa covid-19 tak berbahaya seperti berita yang tersebar, Jerinx nekat menerima tantangan berbahaya. Yaitu berani disuntikkan virus corona dan berinteraksi langsung dengan para pasien positif corona.

"Jika ada yang menantang saya ke RS untuk berinteraksi dengan pengidap covid, atau menantang saya disuntik virus covid, saya akan terima tantangannya," tulis Jerinx pada 28 April lalu.

3. Tolak Rapid dan Swab Test

Jerinx menolak keras adanya aturan rapid dan swab test untuk menjadi syarat administrasi perjalanan. Dia bahkan mengikuti aksi demonstrasinya di Denpasar, Bali pada 26 Juli 2020.

Suami Nora Alexandra itu kemudian membagikan aksi demonstrasinya di akun Instagramnya. Dia bahkan terlihat tak menggunakan masker di tengah kerumunan massa.

"MENJADI MANUSIA! AKSI BALI TOLAK RAPID/SWAB! Follow @menjadimanusa yang akan menjadi gerakan perlawanan NYATA rakyat terhadap pembodohan & bisnis ketakutan!" tulis Jerinx.

Baca Juga:

Kooperatif, Jerinx Serahkan Diri Sebelum Ditahan

Jerinx SID Langsung Ditahan Usai Jadi Tersangka Pencemaran Nama Baik

Jerinx SID

4. Sebut IDI dan Rumah Sakit Kacung WHO

Jerinx kemudian menyebut Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan pihak rumah sakit sebagai kacung WHO karena mewajibkan semua orang yang akan melahirkan dites covid-19.

"Gara-gara bangga jadi kacung WHO, IDI dan RS seenaknya mewajibkan semua orang yang akan melahirkan dites covid-19," tulis Jerinx pada Juli lalu.

Akibat pernyataan itu, Jerinx akhirnya dilaporkan oleh IDI atas dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian. Laporan itu akhirnya berujung pada penetapannya sebagai tersangka dan ditahan di rutan Polda Bali pada Rabu (12/8/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini