Anji hingga Sarah Keihl, 4 Influencer Paling Heboh Sepanjang Pandemi COVID-19

Sabrina Mulia Rhamadanty, Jurnalis · Sabtu 08 Agustus 2020 16:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 08 33 2259058 anji-hingga-sarah-keihl-4-influencer-paling-heboh-sepanjang-pandemi-covid-19-qn52D8vysD.jpg Anji. (Foto: Instagram/@duniamanji)

JAKARTA - Menjadi influencer dengan jutaan pengikut bukanlah hal mudah. Perkataan, pemikiran, gaya hidup, bahkan perbuatan sang influencer acap kali memengaruhi penggemar mereka. 

Namun bagaimana jika influencer yang seharusnya memberikan pengaruh positif ini justru mengeluarkan komentar dan pemikiran yang justru bertentangan dan memantik hadirnya kontroversi? 

Menariknya lagi, beberapa influencer Tanah Air ini bahkan menciptakan kontroversi di tengah masa pandemi yang berpotensi merugikan banyak orang. Siapa saja mereka? Ini ulasan Okezone untuk Anda. 

Indira Kalistha

Youtuber Indira Kalistha sempat mendapatkan kecaman publik akibat pernyataannya yang terkesan meremehkan virus Corona. Kontroversi itu berawal dari kehadirannya sebagai bintang tamu podcast Gritte Agatha, medio Mei silam.

 Indira Kalistha

Pernyataan Indira yang mengaku, tidak memakai masker dan enggan mencuci tangan di tengah pandemi membuat dia banjir hujatan. Akibat pernyataannya itu, sang Indira Kalistha pun meminta maaf dan Gritte memutuskan untuk menghapus video wawancaranya. 

Baca juga: Indira Kalistha Minta Maaf, Dokter Tirta Berikan Respons

Sarah Keihl

Selebgram Sarah Salsabila Kiehl banjir hujatan publik setelah video dirinya melelang keperawanan senilai Rp2 miliar viral di media sosial. Dalam video yang diunggahnya di Instagram, dia mengklaim, akan mendonasikan dana yang didapatnya dari lelang itu. 

Sarah Salsabila Keihl. (Foto: Instagram)

Kontroversi itu sempat membuat Sarah dilaporkan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Forum Aspirasi dan Advokasi Masyarakat (FAAM) ke polisi. Dalam klarifikasinya, Sarah kemudian menyatakan bahwa video lelang keperawanan itu hanya sekadar rekayasa belaka. 

Tujuannya mengunggah video itu hanya untuk meningkatkan engagement ke akun Instagram miliknya. Tak hanya menerima hujatan dan dipolisikan, Sarah mengaku, akibat skandal itu dia sempat diusir oleh sang ayah. 

Jerinx SID

Drummer dari grup band Superman Is Dead ini memang selalu memenuhi pemberitaan mengenai konspirasi Corona. Perseteruannya dengan banyak artis dan influencer menambah panjang kontroversi suami Nora Alexandra tersebut. 

Jerinx Superman is Dead. (Foto: Instagram/@jrxsid)

Pada Mei 2020, Jerinx SID sempat berseteru dengan Ahmad Dhani setelah sang musisi melontarkan kritik terhadap argumen Jerinx soal teori konspirasi. Dhani berpendapat, langkah Jerinx mengaitkan agama dalam diskusi bertema COVID-19 sangat tidak relevan. 

Apalagi dalam pernyataannya, Jerinx juga menyebut agama sebagai teori konspirasi seperti keyakinannya tentang pandemi COVID-19. Terbaru, dia kembali berseteru dengan dr Tirta dan IDI (Ikatan Dokter Indonesia).

Perseteruan berawal dari unggahan Jerinx yang menyebut bahwa masyarakat Surabaya dan Bandung akan mengikuti jejak Jerman yang melakukan unjuk rasa menolak penggunaan masker. IDI bahkan mempolisikan Jerinx terkait dugaan pencemaran nama baik dan ujaran kebencian setelah mengatakan lembaga itu sebagai kacung WHO.

Anji

Anji menjadi buah bibir publik ketika menghadirkan Hadi Pranoto yang mengklaim diri sebagai pakar mikrobiologi dan penemu obat COVID-19 sebagai bintang tamu. Tak sekadar meresahkan masyarakat, video yang diunggah pada 31 Juli 2020 itu bahkan sampai menyeret Anji dan Hadi Pranoto ke ranah hukum. 

Sebelum kasus itu, suami Wina Natalia ini juga sempat membuat kontroversi saat mengomentari foto jenazah pasien COVID-19 bidikan fotografer Joshua Irwandi. Pada 19 Juli silam, dia mengutarakan kejanggalan dalam foto tersebut termasuk soal penyebaran hingga bagaimana foto tersebut menjadi viral. 

Anji. (Foto: Instagram/@duniamanji)

Setelah dikecam oleh PFI (Pewarta Foto Indonesia), akhirnya Anji menghapus postingan tersebut dan meminta maaf. Dia juga sempat menuai pro dan kontra karena menyerukan untuk tidak memakai masker saat berolahraga. 

"Pro kontra penyebab meninggalnya seseorang saat bersepeda karena masker atau jantung. Apapun penyebabnya, tetap JANGAN MEMAKAI MASKER saat kamu olahraga. Cari artikel yang membahas bahaya memakai masker terlalu lama atau untuk olahraga,” tulisnya.*

Baca juga: Move On dari Richard Kyle, Jessica Iskandar Mulai Lirik Pria Lain

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini