Perjalanan Jatuh Bangun Judika di Industri Musik Indonesia

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Kamis 23 Juli 2020 19:35 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 23 205 2251129 perjalanan-jatuh-bangun-judika-di-industri-musik-indonesia-RBDiJMjm8o.jpg Judika (Foto: Instagram/@jud1ka)

JAKARTA - Menjadi penyanyi yang sukses membutuhkan perjuangan yang keras, itulah yang dialami oleh Judika. Melalui YouTube channel Daniel Mananta, Judika mengungkapkan rintangan yang dihadapinya sebelum sukses menjadi penyanyi terkenal.

Judika

"Gua berasal dari kampung Berastagi, Sumatera Utara. Di kampung gua selalu ikut kompetisi menyanyi dari tingkat Rukun Tetangga (RT) hingga tingkat provinsi," kata Judika.

Pria bernama lengkap Judika Nalon Abadi Sihotang tersebut mengakui memberanikan diri untuk ke Jakarta setelah menjadi wakil Sumatera Utara dalam ajang Bahana Suara Pelajar pada 1993. Dari situlah ia bermimpi untuk menjadi penyanyi besar.

Baca Juga:

- Cerita Judika Yakinkan Label untuk Masukkan Lagu Aku Yang Tersakiti di Album

- Catherine Wilson Diduga Teler di Acara Televisi, Manajer: Sedang Tak Enak Badan

"Waktu itu gua berpikir bahwa gua enggak pernah seperti ini nih. Dulu sampai nge-wakilin Sumatera Utara dan ketemu wakil provinsi lain. Dan setelah pulang dari situ ada mimpi gua harus menjadi penyanyi. Itu juga yang membuat gua mengejar ke sini (Jakarta)," kenang Judika.

Judika

Tak sampai di situ, Judika juga pernah mengikuti kompetisi bernyanyi Asia Bagus dan membentuk grup Antero Boys, yang menjadi juara dunia dalam sebuah kompetisi bernyanyi di Rumania.

"Waktu Tuhan itu memang misteri. Dulu gua bahkan sempat merasa sirik, gua nyanyi dari umur 7 tahun. Gua bahkan nyanyi di hotel sampai juara dunia. Kok yang muncul di televisi yang ini, gua sudah berusaha keras," tutur Judika.

Namun, Judika mengaku tak pernah mengeluh dan terus berjuang untuk mewujudkan mimpinya. Ia kemudian mengikuti kompetisi Indonesia Idol musim ke-2 pada 2005.

Judika mengaku usai menjadi jebolan Indonesia Idol banyak orang yang masih belum mengenalnya. Bahkan, lagu ciptaannya kerap ditolak oleh label rekaman.

Judika

"Gua ingat banget, lagu Aku Yang Tersakiti itu gua sampai mohon-mohon ke label rekaman, tolong ini dimasukkan aja, " papar Judika.

Kini pria 41 tahun tersebut mampu bertahan di industri musik Indonesia dengan terus menelurkan karya-karyanya. Terbaru, Judika merilis single Tak Mungkin Bersama pada 29 Februari 2020. Judika juga didapuk menjadi juri Indonesia Idol, ajang yang membesarkan namanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini