Bersikap Rasis, YouTuber Shane Dawson: Aku Siap Kehilangan Segalanya

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Minggu 28 Juni 2020 21:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 28 33 2237851 bersikap-rasis-youtuber-shane-dawson-aku-siap-kehilangan-segalanya-yoMJ1iv2nd.jpg Shane Dawson. (Foto: Instagram/@shanedawson)

LOS ANGELES - YouTuber Shane Dawson secara khusus meminta maaf kepada publik terkait komentar dan perbuatan rasis yang dilakukannya lewat sebuah video berdurasi 20 menit yang diunggah ke YouTube, pada 26 Juni 2020. 

Dalam video berjudul ‘Pertanggungjawaban’ itu, dia meminta maaf telah mengunggah video wajah bercat hitam di awal kariernya sebagai YouTuber. “Menggelapkan warna kulit wajah adalah hal yang paling sering aku lakukan dalam kontenku,” ujarnya dalam video permintaan maaf itu. 

Shane Dawson. (Foto: Instagram/@shanedawson)

Shane Dawson menegaskan, seharusnya tidak ada alasan yang ‘melegalkan’ aksinya 6 tahun lalu tersebut. “Sayangnya, aku tidak belajar dari pengalaman. Aku tak mencoba memahami kenapa orang-orang kecewa dengan sikapku saat itu.” 

Kepada 23 juta subscribernya di YouTube, Dawson mengaku, kini tahu dan memahami tentang isu rasial yang ditaburnya dahulu dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama ke depannya.

Baca juga: Publik India Kritik Aksi Priyanka Chopra Dukung Black Lives Matter 

Shane Dawson. (Foto: Instagram/@shanedawson)

“Aku meminta maaf kepada kalian yang kecewa dan juga yang memujiku karena video itu dulu dan mengatakan, ‘Kau sangat lucu, Shane’. Aku tak pernah membayangkan bagaimana rasanya menjadi warga Afro-Amerika dan mendapat cemooh dari pria kulit putih sepertiku.”

Tak hanya menggunakan blackface dalam videonya, Shane Dawson juga meminta maaf atas penggunaan kata 'negro' dalam setiap unggahannya. Dia menyadari bahwa kata itu tak seharusnya dilontarkan oleh seseorang, termasuk dirinya.

Dalam video itu, Dawson mengaku siap menerima konsekuensi dari kesalahannya di masa lalu. Dia bahkan mengaku, tak mempermasalahkan kehilangan popularitas dan para pengikutnya akibat kesalahan tersebut.

“Pada titik ini, aku menyadari bahwa banyak orang terluka karena tingkahkku. Dan hukuman yang setimpal untukku adalah kehilangan segalanya,” katanya dalam video tersebut.*

Baca juga: Tak Dapat Harta, Yan Vellia: Warisan Terbaik Didi Kempot adalah Anak

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini