Deretan Komentar Bintang Harry Potter soal Tweet Anti-Transgender JK Rowling

Pernita Hestin Untari, Jurnalis · Jum'at 12 Juni 2020 15:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 12 33 2228939 deretan-komentar-bintang-harry-potter-soal-tweet-anti-transgender-jk-rowling-uhzhCKlgEH.jpg Emma Watson dan Daniel Radcliffe (Foto: Warner Bros.)

LOS ANGELES - JK Rowling tengah menjadi sorotan karena kicauannya di media sosial. Penulis novel Harry Potter itu dituduh anti-transgender karena salah satu tweetnya.

Bintang Harry Potter seperti Daniel Radcliffe hingga Emma Watson pun mengungkapkan pendapatnya terkait cuitan JK Rowling yang bernada anti-transgender. Meski bermain peran dalam film yang diadaptasi dari buku Rowling, mereka tak serta-merta sependapat dengan perempuan 54 tahun tersebut.

Baca Juga:

- Daniel Radcliffe Komentari Tweet JK Rowling yang Anti-Transgender

- Pamer Virtual Meeting usai Tolak Permintaan Aurel, Krisdayanti Tuai Cibiran Netizen

Berikut adalah rangkuman komentar bintang-bintang Harry Potter, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (12/6/2020):

1. Daniel Radcliffe

Radcliffe merasa perlu menyampaikan dukungannya terhadap wanita transgender dan mengkritik diskriminasi Rowling terhadap mereka. Pemeran Harry Potter itu menyatakan bahwa wanita transgender tetaplah wanita.

Daniel Radcliffe

"Pernyataan apapun yang berlawanan dengan itu berarti menghapus identitas dan kehormatan para transgende dan berlawanan dengan semua saran yang diberikan oleh asosiasi kesehatan profesional, yang jauh lebih jago dalam hal ini ketimbang aku maupun Jo (Rowling)," kata Radcliffe, seperti dilansir The Guardian.

Radcliffe juga meminta maaf kepada penggemar Harry Potter yang kecewa dengan sikap Rowling. Radcliffe berharap komentar Rowling tidak menodai kecintaan penggemar pada kisah Harry Potter.

2. Emma Watson

Emma Watson juga turut mengungkapkan pendapatnya. Pemeran Hermione dalam film Harry Potter tersebut mengungkapkan bahwa para transgender juga layak menjalani kehidupan mereka tanpa diskriminasi di masyarakat.

Emma Watson

"Orang trans adalah apa yang mereka katakan sebagai mereka dan layak menjalani kehidupan mereka, tanpa terus-menerus ditanyai atau diberitahu bahwa mereka bukan siapa yang mereka katakan," kata Watson di akun Twitternya.

Watson juge mengajak para penggemarnya untuk menyumbang ke badan amal mermaids untuk membantu anak-anak transgender.

3. Eddie Redmayne

Eddie Redmayne turut buka suara perihal kontroversi JK Rowling. Aktor Inggris yang masuk ke dunia Harry Potter lewat Fantastic Beasts tersebut terang-terangan menyatakan ketidaksetujuannya pada Rowling.

Eddie Redmayne

"Saya tidak setuju dengan komentar Jo (JK Rowling). Wanita trans adalah wanita, pria trans adalah pria dan identitas nonbiner adalah valid," kata Redmayne, seperti dikutip dari laman Page Six.

"Saya tidak akan pernah ingin berbicara atas nama komunitas, tetapi saya tahu bahwa teman-teman dan kolega transgender tersayang saya bosan dengan pertanyaan terus-menerus tentang identitas mereka, yang terlalu sering mengakibatkan kekerasan dan pelecehan," lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini