Share

Weird Genius Makin Matang Gabungkan EDM dan Instrumen Tradisional

Ady Prawira Riandi, Jurnalis · Minggu 01 Maret 2020 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 01 205 2176375 weird-genius-makin-matang-gabungkan-edm-dan-instrumen-tradisional-3GSEEa8fmC.jpg Weird Genius (Foto: Ady/Okezone)

JAKARTA - Weird Genius akhirnya menelurkan sebuah karya baru di 2020. Eka Gustiwana, Reza Oktovian, dan Gerard Liu semakin matang dalam memadukan musik EDM dengan unsur instrumen tradisional.

Tak seperti pada lagu-lagu sebelumnya, pada single berjudul Lathi, Weird Genius menambah porsi musik tradisionalnya. Eka Gustiwana melihat bahwa band yang dibentuknya sejak 2016 ini sudah identik dengan formula menggabungkan EDM dan instrumen musik tradisional seperti gamelan.

"Ya kalau di single kemarin biasanya kita sisi musik tradisionalnya masih 20 persen, yang ini kita masukin lebih banyak karena kami sudah menemukan jati diri kami sebagai Weird Genius, band elektronik di Indonesia yang di dalamnya memasukkan sedikit banyak unsur musik tradisional," kata Eka Gustiwana saat ditemui beberapa waktu lalu.

 

Baca Juga: Weird Genius Tampil Ciamik dalam SHVR Ground Festival 2019

Kehadiran musik tradisional ini sebenarnya agar para pendengar dari luar bisa mengenal budaya Indonesia lebih luas. Lagipula Weird Genius sudah menerapkan formula serupa sejak lama sehingga sudah dianggap sebagai ciri khas dari musiknya sendiri.

Dalam single Lathi sendiri, Weird Genius berkolaborasi dengan rapper asal Surabaya, Sara Fajira. Karakter suara Sara yang berbeda dianggap Eka Gustiwana sangat cocok untuk lagu yang judulnya diambil dari Bahasa Jawa ini.

 

"Menurut saya tuh suara Sara galak. Kalau nanti didengerin di Spotify akan kerasa galaknya. Jadi cukup gelap, galak tapi cocok untuk tradisional," tutup Eka Gustiwana.

(edh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini